Blusukan di Pasar Surabaya, Pembagian BLT yang Dilakukan Jokowi-Prabowo Dinilai Menggembirakan
Menhan Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi di Kota Surabaya (ANTARA-HO-Gerindra Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Kegiatan Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Surabaya, Jawa Timur Rabu, 20 April saat pembagian BLT mendapat respon positif.

Pembagian BLT Jokowi-Prabowo

DPC Partai Gerindra Kota Surabaya menilai, kegiata Jokowi-Prabowo itu berdampak baik pada masyarakat di kalangan atas hingga bawah.

"Kalau Menhan Prabowo blusukan ke pasar tradisional, ke kampung-kampung, hingga ke pelosok perdesaan bertemu para petani di luar kedinasan, bagi kami itu sudah bukan hal baru. Hal semacam itu sudah biasa dilakukan dengan senyap, tanpa publikasi," jelas Sekretaris DPC Partai Gerindra Surabaya Thony di Surabaya, dilansir Antara, Kamis, 21 April.

Dirasa Berbeda dari Sebelumnya

Akan tetapi, kunjungan Menhan Prabowo yang dampingi Presiden Joko Widodo saat blusukan ke pasar-pasar tradisional dan memantau pencairan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng di sejumlah daerah di Jawa Timur salah satunya di kampung nelayan Bulak Kenjeran Surabaya, dirasakan berbeda dari sebelumnya.

"Jadi, ada rasa surprise (kejutan), haru, dan menggembirakan," ujar Thony yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya ini.

Menurut dia, ada tiga hal yang menjadi tidak biasa atas kehadiran Menhan Prabowo yang juga sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra tersebut pertama, kedatangannya bersama dengan Presiden Jokowi.

Kedua, hadir pada saat rakyat membutuhkan motivasi karena keterpurukan yang sedang dialami akibat pandemi COVID-19 beberapa waktu lalu; ketiga, pada saat masyarakat banyak yang susah akibat kenaikan harga sembako yang bertubi-tubi.

Berdampak di Berbagai Kalangan

Legislator Gerindra ini merasa yakin bahwa blusukan Jokowi dan Prabowo Subianto yang merupakan dua tokoh bangsa ini memiliki dampak yang sangat positif di kalangan masyarakat atas, menengah, maupun bawah.

"Kunjungan beliau berdua ini, saya yakin banyak dampak positifnya, baik bagi masyarakat atas maupun bawah. Masyarakat merasa bisa langsung curhat persoalannya kepada bapaknya, bisa jadi obat hati atas berbagai macam kegalauannya, bisa mendorong masyarakat untuk kompak, rukun, dan saling menguatkan," kata Thony.

Bentuk Kepedulian

Selain itu, lanjut Thony, kunjungan ini juga bisa dirasakan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian yang besar dari para pemimpin terhadap penderitaan masyarakat pada saat susah, termasuk semacam rasa jaminan tetap terjaganya stabilitas dalam berbagai bidang ke depan.

"Selain itu, kami sebagai kader Gerindra walaupun tidak bisa ikut terlibat menyambut beliau (Jokowi-Prabowo), ya, merasa senang dan tenang," katanya.