Berita Duka: Duta Besar RI untuk Ukraina Ghafur Dharmaputra Meninggal, Dikenang Lakukan Evakuasi WNI saat Invasi Rusia
Ghafur Akbar Dharmaputra saat menjabat Konsul Jenderal RI di New York, AS. (ANTARA FOTO/Ridhwan Ermalamora Siregar)

Bagikan:

SURABAYA - Duta Besar RI untuk Ukraina Ghafur Akbar Dharmaputra mengembuskan napas terakhirnya pada hari Kamis, 12 Mei pukul 21.50 WIB. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah juga mengonfirmasi berita duka tersebut.

Ghafur Akbar Dharmaputra Meninggal

Ia menjelaskan bahwa Ghafur meninggal lantaran sakit yang diderita di usianya yang ke 58 tahun.

“Almarhum adalah diplomat senior Indonesia yang telah mendedikasikan kerja dan karyanya untuk negara dan bangsa,” ucap Faizasyah ketika dihubungi Antara pada Jumat, 13 Mei.

Saat duduk di kursi Dubes RI di Ukraina, Ghafur sangat berjasa karena membantu evakuasi WNI saat invasi Rusia dan menjaga kepentingan Indonesia selama masa yang sangat sulit di Ukraina.

“Almarhum terus menjalankan tugas-tugasnya sebagai duta besar secara paripurna hingga saat-saat terakhir. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan di masa yang sulit ini,” tutur Faizasyah.

Kiprah Ghafur Akbar

Sebelum menjabat sebagai Dubes RI untuk Ukraina, Ghafur pernah berkarir sebagai Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Konsul Jenderal RI di New York, Amerika Serikat.