Bir Heineken Jadi Sponsor Formula E, Ketua Panitia Pastikan Tak Ada Penjualan Bir dan Pencantuman Logo
Petugas cargo melakukan bongkar muat logistik Formula E setibanya di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten (ANTARA-FOTO-Muhammad Iqbal-nz)

Bagikan:

SURABAYA - Bir Heineken jadi sponsor Formula E yang digelar di DKI Jakarta. Hal itu kemudian ditentang oleh sejumlah pihak, termasuk PA 212.

Tanggapan Panitia Formula E

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee) Formula E Jakarta Ahmad Sahroni memastikan bahwa tak ada penjualan bir. Tak hanya itu, pihak penyelenggara juga tak mencantumkan logo bir tersebut di ajang balap mobil listrik di Ancol pada 4 Juni nanti.

"Perlu ditegaskan bahwa tidak ada penjualan bir dan logo perusahaan bir di ajang Jakarta E-Prix," kata Sahroni dalam keterangannya, Jumat, 27 Mei.

Bukan Sponsor Resmi

Sahroni menjelaskan Heineken bukan sponsor resmi Jakarta E-Prix, melainkan sponsor global yang ditentukan oleh Formula E Operation (FEO).

"Perlu diketahui juga bahwa Heineken adalah sponsor global FEO, yang hadir dalam seluruh seri balapan Formula E di berbagai kota, termasuk di Diriyah, Arab Saudi,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI tersebut.

Junjung Tinggi Nilai

Sahroni juga menegaskan meski merupakan sponsor global, namun FEO selaku pihak penyelenggara dan Heineken telah berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai masyarakat di negara atau kota yang menjadi host E-Prix.

“Pihak FEO, Heineken, dan perusahaan lainnya pun menjunjung tinggi budaya lokal dan nilai-nilai masyarakat negara yang menjadi tuan rumah gelaran Formula E. Jadi mereka akan menyesuaikan dengan kondisi di negara masing-masing. Ini adalah komitmen yang sudah ditegaskan sejak awal,” urainya.

Sponsor Belum Diungkap

Sampai saat ini, sponsor lokal gelaran Formula E memang belum diungkapkan oleh penyelenggara. Namun, dalam situs resmi jakartaeprixofficial.com telah menampilkan sejumlah perusahaan yang menjadi sponsor utama dan sponsor global.

Nama perusahaan yang tergabung dalam sponsor utama adalah ABB asal Swiss yang bergerak bidang teknologi otomasi, robotik, daya, dan peralatan listrik berat.

Selanjutnya, perusahaan keuangan asal Swiss Julius Bar menjadi sponsor global acara ini. Sedangkan sponsor teknis adalah Michelin yang merupakan perusahaan ban asal Prancis.

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang tergabung dalam sponsor lainnya. Di antaranya adalah Copper, Hugo Boss, Bosch, DHL, Moet & Chandon, Enelxway, Allianz, Tagheur, Anfogasta Minerals, Saudia.

Soal ini, salah satu sponsor global lainnya yang menjadi sorotan adalah Heineken yang merupakan produsen bir. Hal ini ditentang oleh Wasekjen Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Novel Bamukmin.

Ancaman Kelompok 212

Novel sampai mengancam kelompok 212 akan meninggalkan dukungan mereka kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jika tetap menggunakan sponsor dari perusahaan minuman keras.

"Saya meminta agar Anies membatalkan bekerja sama dengan segala merek minuman keras. Kalau tidak, ini sama saja dengan rezim yang zalim karna suka dengan maksiat dan kemungkaran. Jangan salahkan umat Islam, khususnya spirit 212 akan meninggalkan Anies Baswedan," kata Novel kepada wartawan.