Tanaman Hias Pereda Stres yang Bisa Anda Tempatkan di Sudut Ruangan
Ilustrasi tanaman hias pereda stres (Joyce Toh/Istockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Memiliki hobi tanaman memang menyenangkan. Tak hanya menambah keindahan ruangan, namun bisa menjadi pereda stres. Faktanya ada tanaman hias pereda stres yang bisa Anda tempatkan di sudut ruangan Anda.

Tanaman Hias Pereda Stres

Tanaman berikut ini akan membantu meningkatkan kualitas udara, meningkatkan kekebalan tubuh, produktivitas, serta menjaga kesehatan mental Anda, menyadur dari House Beautiful, Kamis, 2 Juni.

1. Chamomile

Sering dijadikan bahan dasar teh, chamomile telah lama dikenal karena memiliki efek anti-kecemasan dan dapat membantu tidur. Selain itu, chamomile juga dapat membantu mengurangi peradangan. Menariknya, Anda juga bisa menanam bunga chamomile di kebun sendiri.

2. Pepermint

Menurut penelitian, pepermint dipercaya dapat menurunkan frustrasi dan juga meningkatkan kewaspadaan. Kandungan mentol yang ada di dalam pepermint bisa membantu merelakskan otot. Jika Anda melalui hari yang menegangkan, coba potong beberapa lembar pepermint segar ke dalam air hangat untuk berendam.

3. Bunga Melati

Bunga melati dikenal dapat membantu meredakan tubuh dari kecemasan dan merupakan tanaman yang sangat baik untuk sistem saraf serta depresi ringan. Bunga ini juga biasanya dijadikan teh atau diambil sarinya sebagai minyak organik.

4. Lavender

Aroma lavender yang menenangkan, menjadikannya sebagai bahan dasar aromaterapi yang sempurna. Keharuman tanaman ini dipercaya dapat menciptakan rasa tenang karena tanaman ini memiliki berbagai khasiat, seperti membantu mengurangi stress, kecemasan, bahkan rasa sakit ringan. Menurut penelitian, aroma lavender dapat secara signifikan mengurangi tingkat kecemasan responden dengan fobia pada pasien gigi.

5. Lidah Buaya

Terkenal sebagai bahan anti-inflamasi yang digunakan untuk menyembuhkan luka dan merawat kulit, tetapi tidak hanya itu, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Sistem perawatannya yang mudah menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias indoor yang ideal dan cantik.

Penelitian membuktikan bahwa paparan polusi dapat meningkatkan kecemasan, ketakutan, dan kekhawatiran. Lidah buaya mampu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari udara yang dapat mempengaruhi sistem pernapasan kita dan memicu perasaan stress dan gelisah.