Puan Maharani Jadi Keynote Speaker Kickoff Meeting P20 di Surabaya, Dihadiri Duta Besar Negara G20
Puan Maharani (DOK VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Ketua DPR Puan Maharani menjadi keynote speaker dalam Kickoff Meeting P20 yang akan diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur. Acara tersebut merupakan rangkaian acara the 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20).

Puan Maharani Buka Acara

Dalam kesempatan tersebut, DPR yang menjadi tuan rumah akan membuka acara pertemuan forum ketua parlemen negara-negara G20 tersebut pada 15 Juni 2022.

“Sejalan dengan kekuatan Pemerintah Indonesia di G20 yang mengangkat tema ‘Recover Together, Recover Stronger’, DPR menekankan peran parlemen dalam pemulihan pasca-pandemi melalui tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’,” ucap Puan, Selasa 14 Juni.

Jadi Bahan Diskusi

Puan menilai, tema tersebut akan jadi bahan diskusi para ketua parlemen G20 pada perhelatan P20. Ada empat isu utama yang akan menjadi bahasan dalam forum P20 nanti, yakni pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, ekonomi inklusif dan masyarakat yang kuat, parlemen efektif dan demokrasi yang kuat, serta kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

“Pemulihan pascapandemi COVID-19 telah menjadi isu global yang tidak hanya digaungkan negara-negara G20. Dalam konteks pembangunan, agenda pemulihan membawa spirit build back better,” ungkap perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR itu.

“Artinya pemulihan membawa misi untuk pembangunan masa depan yang lebih kuat dan lebih solid. Pada saat yang sama, komitmen global untuk pulih bersama telah menjadi agenda bahasan di berbagai forum multilateral Parlemen sebagai lembaga representasi yang memiliki peran krusial menjembatani kepentingan publik,” lanjutnya.

Dihadiri Negara G20

Kickoff Meeting P20 sebagai pembukaan atas serangkaian pertemuan menjelang P20 Summit pada 6-7 Oktober mendatang, akan dihadiri oleh para Duta Besar negara-negara G20 dan negara-negara undangan. Acara akan digelar secara hybrid dalam bentuk forum-forum presentasi dari narasumber serta diskusi dengan akademisi.

P20 merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Selain memegang kursi presidensi G20 untuk pertama kalinya, Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi forum multilateral tersebut.

Puan mengatakan, forum P20 merupakan upaya DPR dalam membangun sinergi dan kolaborasi dengan stakeholders terkait yang menjadi bagian dari G20.

Tujuan Indonesia

Puan pun menjabarkan, kekuatan Indonesia di P20 memiliki tiga tujuan. Tujuan tersebut adalah meningkatkan dimensi parlementer untuk mendukung agenda-agenda global, serta mendorong interaksi dan kerja sama yang lebih erat antara pemerintah dan parlemen dalam implementasi hasil-hasil pertemuan G20.

“Dan memperkuat interaksi antara Ketua Parlemen negara-negara G20 dan negara negara mitra serta kerja sama dengan PBB dan organisasi internasional lainnya,” tutup Puan.

Lakukan Kunker di Jatim

Selain menghadiri Kickoff P20 di Surabaya, mantan Menko PMK tersebut juga sekaligus akan melakukan kunjungan kerja (kunker) di sejumlah daerah di Jawa Timur. Kunker Puan kali ini berada di Surabaya, Pasuruan, Mojokerto, dan Magetan.

Puan dijadwalkan mengunjungi rumah-rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Surabaya, kemudian dilanjutkan meninjau Koperasi Peternakan Sapi Perah di Pasuruan.

Tinjau Pertanian

Untuk kunker hari kedua di Jawa Timur pada Kamis (16/6), Puan akan meninjau pertanian di Mojokerto. Kunker lalu dilanjutkan di Magetan untuk mengunjungi rumah lansia, SD Luar Biasa, serta berdialog dengan warga Karang Rejo.

“Kunjungan kerja ini dalam rangka mendengarkan aspirasi masyarakat untuk disalurkan lewat fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran yang menjadi kewenangan DPR,” kata Puan.