RSUD Jombang Viral! Diduga Paksa Seorang Ibu Lahiran Normal hingga Berakhir Pemotongan Kepala Bayi
ILUSTRASI BAYI (PIXABAY)

Bagikan:

SURABAYA - Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Jombang, Jawa Timur menjadi sorot perhatian warganet. Pasalnya, seorang akun Twitter bernama @MinDesiyaa mengunggah pengalaman bersalin anggota keluarganya di RSUD Jombang. 

Pengalaman Pasien di RSUD Jombang

Pengalaman tersebut berawal dari kontraksi yang dialami oleh adik @MinDesiyaa pada Kamis 28 Juli 2022. Kondisi tersebut membawa pasien dibawa ke RSUD Jombang.

Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, dokter di puskesmas memutuskan untuk merujuknya ke RSUD Jombang agar bisa dilakukan operasi.

"Namun pihak rumah sakit menolak tindakan tersebut dan menyarankan agar Ria lahiran normal. Ria yg saat itu memang sudah tidak kuat menolak saran lahiran normal dari rumah sakit, tp pihak rumah sakit tetap memaksa dan pada akhirnya Ria mau tidak mau mengikuti prosedur rumah sakit," tulis @MinDesiyaa, dikutip Senin, 1 Agustus.

Kondisi Bayi

Sayangnya saat proses persalinan normal yang disarankan oleh pihak rumah sakit, sang bayi justru terjepit dan tak bisa keluar. Dokter kemudian memutuskan untuk memotong kepala bayi.

"Saat proses persalinan, Ria mengejan hanya sampai kepala bayi yg kluar dan benar benar sudah tidak kuat. Berat badan bayi yg besar dan pundak yg lebar membuat Ria kesusahan mengejan dan dokter sampai harus menggunakan alat sedot untuk mengeluarkan bayi."

"Namun semua itu gagal dan pada akhirnya dokter mengambil jalan untuk memotong kepala bayi karena bayi sudah meninggal karena terlalu lama terjepit lehernya. Setelah dipotong leher kembali dijahit dan bayi dikebumikan dengan layak oleh ayahnya," lanjutnya.

Hingga berita diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak RSUD Jombang. Cuitan @MinDesiyaa juga telah dibagikan sebanyak 14,9 ribu.

Selain terkait RSUD Jombang, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.