Pembangunan Infrastruktur di Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo Jadi Prioritas Nasional
Taman Nasional Baluran Situbondo (pariwisata.situbondokab.go.id)

Bagikan:

Surabaya – Pembangunan infrastruktur di sejumlah tujuan wisata pantai Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, telah masuk dalam prioritas nasional. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

"Pembangunan infrastruktur tujuan wisata Merak-Baluran masuk prioritas nasional. Yang penting daerah menjaganya dengan baik, karena ujung tombaknya pemerintah daerah," katanya saat kunjungan kerja (kunker) di Situbondo, Minggu, 18 April, dilansir dari Antara.

Taman Nasional Baluran Situbondo Dapat Picu Pertumbuhan Ekonomi

Pemkab Situbondo juga sudah mengajukan adanya pembukaan akses menuju beberapa objek wisata pantai taman nasional tersebut, yakni Pantai Merak Baluran, Pantai Sijile, Pantai Lempuyang, Batu Hitam, dan pantai lain yang masih dalam satu kawasan.

Pembangunan infrastruktur di kawasan Merak-Baluran diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung, sengan begitu ekonomi Situbondo akan terus berkembang.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi yakin bahwa kawasan Merak-Baluran mampu jadi tujuan wisata utama di Situbondo. Selain itu kawasan tersebut mampu menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi.

"Keindahan alam lautnya melebihi wisata di Bali. Harapannya wisatawan di Bali juga mau berkunjung ke Merak-Baluran. Apalagi lokasinya dekat dengan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi," jelasnya.

Bupati mengatakan bahwa ada sekitar 17 kilometer jalan yang belum diaspal di Kawasan Merak-Baluran. Tak hanya itu, terdapat pula delapan tujuan wisata dan kurang lebih seribu penduduk yang tinggal di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih itu.

"Kami telah melakukan MoU dengan Kementerian LHK mengenai pembangunan jalan dan listrik ke Dusun Merak. Salah satu tujuannya membuat penduduk di Merak merasa nyaman dan aman. Begitu juga dengan wisatawan," paparnya.

Selain terkait perbaikan di Kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.