ACT Malang Buka Dapur Umum Berkonsep Humanity Food Truck untuk Korban Gempa
LSM ACT Malang tengah menyiapkan makanan untuk para warga terdampak gempa bumi di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur (ANTARA/HO-Humas ACT Malang/VFT)

Bagikan:

Malang – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang, Provinsi Jawa Timur, menyiapkan dapur umum sebagai respon tanggap bencana alam gempa bumi di wilayah tersebut.

Branch Manager ACT Malang Iqrok Wahyu Perdana, dilansir dari Antara, mengatakan bahwa saat ini beberapa titik distribusi layanan makan gratis sudah melayani warga terdampak bencana di beberapa wilayah, yakni Kecamatan Ampelgading dan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.

"Ini merupakan pelayanan ACT Malang terhadap saudara-saudara kita yang terkena musibah. Maka dari itu kita harus layani mereka dengan pelayanan terbaik mungkin," ujar Iqrok.

ACT Malang Berikan Layanan Makanan Sahur dan Buka Puasa

Ia mengatakan, konsep dapur umum yang diusung yakni Humanity Food Truck dan mampu berpindah-pindah dengan memberikan layanan makanan pada masyarakat untuk sahur dan buka puasa.

Iqrok menilai, layanan dapur umum tersebut akan direncanakan berkeliling di berbagai wilayah terdampak gempa bumi. Nantinya akan ada 16 titik henti layanan dapur umum tersebut.

Selain layanan makan sahur dan puasa, ACT Malang dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) juga mengaktivasi beberapa titik posko dapur umum di wilayah Kabupaten Malang. Posko dapur umum berada di wilayah Kecamtatan Dampit, Kecamatan Gondanglegi, dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

ACT Malang juga mengerahkan relawan untuk mendistribusikan bantuan darurat.

"Distribusi bantuan akan kami salurkan melalui para relawan, khususnya wilayah yang belum mendapatkan penangan sama sekali," papar Iqrok.

Selain terkait bantuan dari ACT Malang untuk korban gempa bumi Malang, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.