Anak Awak Kapal KRI Nanggala 402 Warga Surabaya Bakal Mendapat Beasiswa hingga Kuliah
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan sang istri mengunjungi keluarga awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang tinggal di Kota Surabaya (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Bagikan:

Surabaya – Pemerintah Kota Surabaya berencana memberikan beasiswa pendidikan hingga jenjang kuliah khusus untuk anak dari para awak kapal KRI Nanggala 402 warga Surabaya.

"Atas nama Pemkot Surabaya, kami menyampaikan rasa duka yang sedalam-dalamnya. Ini duka bagi Surabaya, duka bagi Indonesia. Semoga para awak KRI Nanggala-402 mendapat tempat termulia di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," tutur Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dilansir dari Antara, Senin, 26 April.

Keluarga Awak Kapal KRI Nanggala 402 Dapat Pendampingan Psikolog

Ia menjelaskan, para awak kapal tersebut merupakan patriot bangsa sekaligus penjaga kedaulatan negeri. Beasiswa sendiri jadi bentuk penghargaan dari Pemkot Surabaya.

"Beasiswa adalah bentuk penghargaan dari Pemkot Surabaya, meski tentu ini tidak sebanding dengan pengabdian beliau-beliau yang teguh hingga akhir menjaga laut kita," jelasnya lagi.

Eri sendiri telah mengunjungi keluarga awak KRI Nanggala 402 pada Minggu, 25 April. Kunjungan dilakukan di kediaman awak kapal selam yang tinggal di sejumlah kecamatan yakni Wonokromo, Semampir, Kenjeran, Tambak Sari, Bulak Sukolilo, dan Karang Pilang.

"Jika tidak salah, ada sekitar sembilan awak KRI Nanggala-402 yang tinggal dan ber-KTP Surabaya. Akan terus kami update. Sejak pagi hingga sore, saya sudah berkeliling mengunjungi para keluarga, berdoa bersama, memberikan semangat, bersama-sama kita melewati masa sulit ini," jelas Eri.

Eri juga mengatakan bahwa tim Pemkot Surabaya melakukan pendampingan kepada para keluarga korban, termasuk menyediakan psikolog.

"Semuanya kami lakukan dengan tidak mengurangi privasi keluarga. Memang ada keluarga yang belum berkenan menerima siapa pun, tapi prinsipnya Pemkot Surabaya siap total melayani seluruh keluarga awak kapal," sebut Eri.

Selain terkait awak kapal KRI Nanggala 402, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.