Lembaga Pemeringkatan Internasional Tempatkan Universitas Brawijaya di Posisi 301-400 Dunia
Universitas Brawijaya (Twitter/@UB_Official)

Bagikan:

MALANG – Kabar membanggakan datang dari Universitas Brawijaya. Pasalnya, universitas tersebut duduk di peringkat 301-400 perguruan tinggi top dunia versi hasil Lembaga pemeringkatan internasional "Times Higher Education" (THE) Impact Ranking 2021.

Ketua Pusat Pemeringkatan UB, Adharul Muttaqin, mengatakan bahwa THE Impact Ranking melihat bagaimana kepedulian sekaligus konstribusi perguruan tinggi untuk ikut menyukseskan program-program SDGs (Sustainable Development Goals).

Universitas Brawijaya Sukses Mendapat Skor Baik pada Life on Land

Beberapa aspek yang diukur THE yakni dari akademik, publikasi, inovasi, dan kegiatan perguruan tinggi untuk mendukung 17 goals yang ada pada SDGs.

Adharul menambahkan, di tahun 2021, lembaga pendidikan dengan lambang Raden Wijaya itu berhasil berpartisipasi pada 17 goal yang telah ditentukan, empat di antaranya bahkan berhasil duduk di top 200, yakni No Poverty, Zero Hunger. Selain itu, Life Below Water dan Life on Land.

Namun, dalam menentukan peringkat keseluruhan didasarkan pada skor kategori wajib yakni goal ke-17 Partnership for The Goals serta tiga kategori dengan skor terbaik. UB sendiri berhasil menyabet skor terbaik pada Life on Land ranking 52 dunia, Decent Work and Economic Work rangking 201-300 dunia, dan Zero Hunger di ranking 101-200.

"Pada kriteria Life on Land, UB mampu menunjukkan daya dukungnya untuk menjaga ekosistem daratan, baik pada aktivitas akademik maupun nonakademik. UB sangat support, dengan adanya pusat pengolah kompos dan tanggung jawab UB mengelola hutan pendidikan di Karangploso dapat menjadi salah satu bukti, ” jelasnya.

Selain terkait prestasi Universitas Brawijaya, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.