Honor Pemakaman Jenazah COVID-19 Sebesar Rp70 Juta “Nyemplung” ke Rekening Bupati Jember
ILUSTRASI/ANTARA FOTO

Bagikan:

SURABAYA – Bupati Jember Hendy Siswanto dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, yakni sekretaris daerah, Plt Kepala BPBD hingga Kabid Kedaruratan Logistik BPBD dikabarkan menerima honor pemakaman jenazah COVID-19.

Nilai honor yang diterima masing-masing pejabat tersebut sebesar Rp70 juta lebih dari total 705 kali pemakaman atau jumlah warga Jember yang meninggal akibat COVID-19 berdasarkan kode rekening 5.1.0204.01.0003 pada bulan Juni 2021, sehingga total anggaran yang dikeluarkan untuk empat pejabat tersebut mencapai Rp282 juta.

"Kami menyayangkan honor pemakaman yang diberikan kepada pejabat Pemkab Jember," kata anggota Pansus COVID-19 Hadi Supaat di Jember, Jumat, 27 Agustus.

Honor Pemakaman Jenazah COVID-19 ke Pejabat Tidak Etis

Menurutnya, para pejabat tidak etis menerima honor di tengah penderitaan masyarakat, apalagi honor tersebut dari kegiatan pemakaman pasien terkonfirmasi COVID-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kami tidak pernah mendapatkan data surat keputusan (SK) terkait struktur petugas pemakaman COVID-19, namun memang benar ada honor untuk petugas relawan yang membantu pemakaman COVID-19," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Jember, Hendy Siswanto mengakui adanya honor tersebut. Hendy mengaku honor bagi bupati dan pejabat sudah menjadi regulasi. Sebab para pejabat tersebut melaksanakan fungsi monitoring dan evaluasi (monev) bahkan melebihi jam kerja.

"Memang benar saya terima honor itu dalam kapasitas kami sebagai tim monitoring dan evaluasi," kata dia.

Bupati Jember menegaskan, honor tersebut langsung disumbangkan kepada warga yang keluarganya meninggal karena COVID-19.

"Seperti gaji saya yang saya sumbangkan untuk warga miskin yang terdampak pandemi," katanya.

Dia menyebut honor yang diterima sebesar Rp100 ribu dalam setiap pemakaman.

Ada pun nilai honor yang mencapai Rp70 juta karena pada Juni hingga Juli banyak terjadi kasus kematian karena COVID-19.

"Tetapi kita tidak berharap jumlahnya banyak. Karena kalau kayak gitu, berarti kan banyak yang meninggal. Kita tidak ingin seperti itu," kata dia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bupati Jember Terima Honor Pemakaman Jenazah COVID-19 Jadi Sorotan.

Selain terkait honor pemakaman jenazah COVID-19, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.