Laporan Wakil Bupati Bojonegoro yang Polisikan Bupati Ditarik ke Polda Jatim, Analisa Aduan Bakal Dilakukan
Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko/ANTARA

Bagikan:

SURABAYA – Polda Jatim sudah menerima aduan Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto yang menilai Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah melakukan tindak pencemaran nama baik. Nantinya, kasus tersebut akan ditangani oleh Polda Jatim.

"Perkaranya dilimpahkan hari ini dari Polres setempat ke Polda Jawa Timur. Artinya, Aduan Wakil Bupati terhadap Bupati Bojonegoro, resmi ditangani Ditreskrimsus Polda Jatim per hari ini," ujar Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko dikonfirmasi, Kamis, 7 Oktober.

Laporan Wakil Bupati Bojonegoro Bakal Ditindaklanjuti

Ditreskrimsus Polda Jatim nantinya bakal membentuk tim untuk menganalisa aduan Wabup Bojonegoro. Setelah itu penyidik juga akan memanggil saksi-saksi terkait kasus ini.

"Nanti pastinya akan ada proses gelar perkara pada tahap berikutnya. Dan tentunya ada panggilan-panggilan dari pihak terkait untuk melengkapi berkas," katanya.

Sebelumnya, perseteruan Wabup Bojonegoro Budi Irawanto, dan Bupati Bojonegori Anna Mu'awanah, memuncak pada Kamis, 9 September 2021. Wawan, panggilan akrabnya, melaporkan Anna ke Polres Bojonegoro terkait dugaan pencemaran nama baik.

Kronologo Pelaporan Wakil Bupati Bojonegoro

Dugaan pencemaran nama baik itu, setelah Wawan merasa tersinggung dengan pernyataan Anna di sebuah grup WhatsApp (WA). Wawan sendiri terhitung sebagai kader PDIP, sementara Anna adalah kader PDIP. 

Kasus ini bermula saat Wawan mempertanyakan validitas jumlah pasien COVID-19 di Bojonegoro dalam grup WhatsApp pada 6 Juli 2021. Menurut Wawan, pertanyaan itu muncul karena data pasien COVID-19 di Bojonegoro, yang dilaporkan ke publik berbeda dengan data di lapangan. 

Anna yang menjadi admin grup itu membalas pertanyaan itu, dengan jawaban yang dinilai Wawan menyinggung perasaan pribadinya dan keluarga.

Artikel ini telah tayang dengan judul Polda Jatim Ambil Alih Penanganan Kasus Wakil Bupati Bojonegoro Polisikan Bupati.

Selain terkait Wakil Bupati Bojonegoro, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.