Menteri KP Akan Jadikan Pelabuhan Pantai Mayangan Jadi Sentra Ekonomi Perikanan
Sentra Perikanan di Pantai Mayangan (Foto: dkp.jatimprov.go.id)

Bagikan:

PROBOLINGGO – Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono berencana untuk mengembangkan Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur, jadi sentra ekonomi perikanan.

"Saya berencana menjadikan PPP Mayangan sebagai model sentra ekonomi dari sektor perikanan," katanya, dikutip dari Antara Senin 3 Mei.

Menteri KP Melihat Fasilitas di Pantai Mayangan

Dalam kunjungannya ke PPP Mayangan Kota Probolinggo, ia menengok berbagai fasilitas dan prasarana yang dipunyai Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo.

"Itu adalah pelabuhan perikanan yang dikelola oleh pemerintah provinsi. Saya ingin (pelabuhan) itu menjadi model, ke depan menjadi satu sentra ekonomi perikanan," sebutnya.

Saat ditanya anggaran pembangunan PPP Mayangan, pihaknya mengaku saat ini masih menunggu desain yang akan diserahkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sementara Plt Dirjen Perikanan Tangkap M. Zaini yang turut serta dalam kunjungan itu mengatakan, pembangunan pelabuhan perikanan itu bersumber dari APBN dan pihaknya akan koordinasi dengan pemangku kepentingan lain untuk pengembangan ke depan.

"Desainnya belum kami terima untuk pengembangan yang baru," paparnya.

Di kesempatan itu diserahkan pula pinjaman modal kerja kepada Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) untuk enam pelaku usaha pengolah dan pemasar hasil perikanan, usaha produksi garam, serta usaha budi daya ikan.

Selain terkait sentra ekonomi di Pantai Mayangan Probolinggo, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.