Probolinggo Bakal Punya Pusat Budi Daya Lobster dan Kerapu
Ilustrasi pusat budi daya lobster (Foto kkp.go.id)

Bagikan:

PROBOLINGGO – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana mengembangkan pusat budi daya lobster dan ikan kerapu di Probolinggo, Jawa Timur. KKP memilih Pulau Gili Ketapang sebagai tempat budi daya.

"Kabupaten Probolinggo ada Pulau Gili Ketapang dan di sekitarnya yang bisa dikembangkan untuk budi daya kerapu dan  lobster," tutur Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dikutip dari Antara, Seninm 3 Mei.

Sakti Wahyu Trenggono dengan didampingi Wakil Ketua Komisi IV DPR Hasan Aminuddin menyerahkan bantuan ikan sehat bermutu dalam rangka Bulan Mutu Karantina 2021 dengan tema "Ikan Sehat Bermutu Untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat di Pondok Pesantren HATI yang berlokasi di Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (2/5).

Pusat Budi Daya Lobster dan Kerapu Jadi Unggulan di Probolinggo

Menteri KKP mengatakan, di Pantai Gili juga akan dikembangkan udang dan komoditas lain. Pihaknya akan menerjunkan Dirjen Perikanan Budidaya yang akan bekerja sama dengan Dinas Perikanan.

Selanjutnya KKP akan melihat progresnya tahun depan dan intinya akan ada estate-estate yang menjadi unggulan-unggulan di Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP juga menyerahkan bantuan 1 paket sarana biloflok senilai Rp200 juta kepada Pondok Pesantren Nurul Falah, Pondok Pesantren Nuriddahlani, Pondok Pesantren Al Amin, dan Pondok Pesantren Hidayatut Tholibin.

Bantuan selanjutnya berupa 400.000 ekor benih udang vaname senilai Rp6 juta kepada Pokdakan Sumber Abadi, 400.000 ekor benih udang vaname senilai Rp3 juta kepada Pokdakan Randu Bandang, 400.000 ekor benih udang vaname senilai Rp6 juta kepada Pokdakan Lito Barokah serta 10.000 ekor benih kerapu cantang senilai Rp63 juta kepada Pokdakan Gili Aqua Mina.

Menteri Kelautan mengatakan hal itu merupakan bagian dari kunjungannya ke Kabupaten Probolinggo dan kebetulan Bupati Probolinggo memiliki pondok pesantren, sehingga menjadi modal yang sangat bagus.

"Yang paling penting adalah saya ingin bekerja sama, pemerintah pusat dengan pemerintah daerah langsung yang berhubungan dengan rakyat, khususnya adalah untuk pengembangan sektor ekonomi masyarakat di perikanan dan kelautan," ujarnya lagi.

Selain terkait pusat budi daya lobster dan ikan kerapu di Probolinggo, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.

Terkait