Mengenal Pengertian Akulturasi Budaya, Proses, Bentuk, dan Lengkap Beserta Contohnya
Ilustrasi pengertian akulturasi budaya (Unsplash/Visual Karsa)

Bagikan:

SURABAYA - Pengetahuan tentang pengertian akulturasi budaya adalah salah satu pengetahuan yang kadang dibingungkan oleh masyarakat. Padahal memahami hal tersebut penting untuk menerima berbagai perbedaan kebudayaan dan latar belakang yang banyak dimiliki bangsa Indonesia.

Agar lebih memahami hal tersebut, VOI akan menyajikan rangkumannya kepada Anda. Dengan begitu diharapkan tahu apa saja akulturasi budaya yang ada di Nusantara.

Pengertian Akulturasi

Akulturasi adalah proses sosial ketika sebuah kelompok budaya bertemu dengan unsur budaya asing yang kemudian menegosiasikan nilai-nilai sehingga bisa diterima.

Pengertian akultirasi dalam KBBI adalah percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi. Dari sisi kata, akulturasi berasal dari bahasa Latin acculturate yang berarti ‘tumbuh serta berkembang bersama’.

Sedangkan secara antropologis, pengertian akulturasi adalah sebuah proses masuknya pengaruh kebudayaan asing dalam suatu masyarakat, sebagian menyerap secara selektif sedikit atau banyak unsur kebudayaan asing itu, dan sebagian berusaha menolah pengaruh itu.

Akulturasi juga terjadi pada linguistik ketika dua kelompok masyarakat bertemu dan memproses bahasa yang ditandai oleh peminjaman atau bilingualisme.

Akulturasi sesungguhnya menandai perubahan zaman dan cara setiap kelompok sosial untuk tetap bertahan menjunjung budayanya tanpa tertinggal dari kemutakhiran.

Pengertian Akulturasi Budaya

Menurut Koentjaraningrat, dikutip dari karya ilmiah Barong Landung: Akulturasi Budaya Bali dan Tionghoa yang ditulis tahun 2016 oleh A.A. Ayu Murniasih, akulturasi budaya ialah pengaruh atau masuknya unsur-unsur kebudayaan asing dalam kebudayaan suatu masyarakat sehingga menciptakan keragaman sekaligus inovasi untuk merespons kekurangan serta perkembangan zaman.

Dampak dari akulturasi budaya paling riil adalah perubahan sosial yang meliputi aspek gaya hidup, ilmu pengetahuan, dan tata cara.

Proses Akulturasi Budaya

Interaksi yang intensif merupakan pendorong proses akulturasi. Proses akulturasi, dikutip dari e-modul Sosiologi Sekolah Menengah Atas yang diterbitkan oleh Kemendikbud tahun 2019, proses akulturasi bisa berjalan dengan cepat ataupun lambat. Ini tergantung pada persepsi masyarakat setempat terhadap unsur budaya asing yang masuk.

Apabila masuknya budaya asing melalui proses yang memaksa, akulturasi budaya memakan waktu relatif lama. Sedangkan apabila masuknya tanpa paksaan atau dengan cara damai, akulturasi berlangsung relatif cepat.

Bentuk Akulturasi Budaya

Dilihat dari prosesnya, terjadi berbagai bentuk-bentuk interaksi dalam akulturasi budaya yang mendorong perubahan sosial, antara lain sebagai berikut:

  • Interaksi sosial dalam dua kelompok masyarakat, antar individu, maupun sebagian masyarakat sehingga mengalami proses perubahan sosial yang lambat.
  • Interaksi antara pokok-pokok kehidupan dua budaya di mana mendorong perubahan sosial yang direncanakan maupun tidak direncanakan. Perubahan yang terjadi relatif cepat sebab menyangkut aspek mendasar dari kehidupan masyarakat.
  • Interaksi antar struktur sosial, ini tidak membawa pengaruh langsung bagi masyarakat dan perubahan yang terjadi sangatlah kecil.
  • Interaksi antar lembaga yang berdampak pada sistem kerja, hak milik tanah, hubungan kekeluargaan, dan stratifikasi masyarakat.
  • Interaksi antar pelaku perubahan, terjadi secara sengaja atau dikendaki maupun tidak direncanakan.
  • Perubahan yang tidak dikehendaki atau tidak direncanakan merupakan perubahan yang terjadi diluar jangkauan, misalnya terjadi interaksi antara penguasa dan yang dikuasai sehingga menimbulkan akibat bagi masyarakat.
  • Akulturasi budaya juga mendorong perubahan struktural yang menyebabkan timbulnya reorganisasi dalam masyarakat.

Contoh Akulturasi Budaya

Di Indonesia ada banyak akulturasi budaya yang terjadi antara kebudayaan satu dengan yang lain. Namun tak banyak yang menyadari hal tersebut. Beberapa contoh akulturasi budaya yakni sebagai berikut.

  • Sendratari Ramayana
  • Batik Lasem
  • Bakso
  • Masjid Cheng Ho
  • Keroncong Stamboel