7 Cara Mengatasi Rambut Lepek Tanpa Keramas Tanpa Ribet
Ilustrasi cara mengatasi rambut lepek tanpa keramas (Pexels/Shvets Production)

Bagikan:

SURABAYA - Tak bisa dipungkiri bahwa rambut adalah bagian tubuh yang harus dijaga. Rambut juga jadi penunjang kecantikan dan penampilan. Sayangnya, kadangkala rambut terlihat lepek. Padahal memiliki rambut alami yang indah adalah dambaan setiap orang. Untuk mengatasinya, Anda bisa menrapkan cara mengatasi rambut lepek tanpa keramas berikut ini.

1. Pakai hairspray

Setelah kering sempurna, untuk mengangkat volume rambut, semprotkan hairspray sepanjang rambut dengan jari-jari. Pijat dan semprotkan dari dekat akar rambut sampai ujung. Jangan lupa pijat kulit kepala supaya terasa lebih rileks.

2. Pilih sisir rambut yang tepat

Menurut Mark Townsend, penata rambut selebriti dilansir Birdie, Senin, 29 November, merangsang volume rambut bisa mengubah penampilan rambut Anda. Sarannya, pilih sisir yang biasa dipakai untuk membentuk sasak. Supaya terlihat lebih mengembang, lakukan gerakan menyisir secara tepat. Enggak hanya mendorongnya ke bawah tetapi juga perlu ‘menggoda’ rambut supaya lebih bervolume.

3. Usap dengan face paper

Kertas minyak untuk wajah atau face paper, bisa juga jadi sandaran ketika keringat keluar berlebih dan membuat rambut Anda tanpak lepek. Usap rambut yang bermiyak dengan beberapa lembar face paper. Biarkan mengering dan rapikan kembali dengan jari-jemari. Hindari mengenakan sisir rambut yang bergigi rapat, ya.

4. Memakai sampo kering

Sampo kering pada beberapa wanita dianggap sebagai jagoan yang ampuh membantu menambah volume pada rambut yang licin dan tipis apalagi berminyak. Anda bisa membawanya ke manapun. Cara ampuhnya, semprotkan atau oleskan sampo kering di sepanjang rambut. Anda tidak perlu mencucinya selama 2-3 hari, biarkan mengering dan menyerap. Terakhir sisir dengan lembut dan perhatikan perubahannya yang menakjubkan.

5. Blow dry

Dalam waktu yang super singkat, mem-blow dry juga bisa dilakukan untuk membuat rambut tampak bervolume. Karena rambut berminyak bisa jadi kendala pada penampilan, coba blow dry supaya tidak terlihat lepek dan lebih mengembang.

6. Memakai foam rollers

Foam rollers atau rol busa mungkin terlihat kuno karena sering dipakai nenek jaman dahulu. Tetapi rol ini bagus untuk menciptakan keajaiban bagi yang berambut lepek. Yang paling menakjubkan, tidak membutuhkan waktu lama dalam menata rambut ketika memakai alat ini.

Cukup letakkan beberapa waktu di atas kepala saat Anda merias wajah atau touch-up di waktu istirahat. Terakhir, setelah melepas foam rollers, gunakan jari Anda untuk menyisir dan memijat bagian akar hingga ujung rambut.

7. Potong rambut

Mungkin sangat ekstrim, tetapi dilansir Nourish Beaute, potongan rambut bisa membuat perbedaan besar terutama bagi wanita dengan rambut lepek. Layering adalah pilihan potongan yang bagus karena membuat rambut tampak lebih tebal. Jika rambut Anda tebal di bagian depan dan tipis bagian belakang, memakai poni adalah pilihan terbaik.

Disarankan memiliki rambut tidak panjang jika rambut memiliki karakter lepek, tujuannya agar lebih bervolume. Tetapi, apapun potongan rambut, hindari memotong rambut dengan pisau cukur karena dapat merusak ujung rambut Anda.

Inilah cara-cara ampuh yang bisa dilakukan dalam waktu singkat untuk mengatasi rambut lepek tanpa keramas. Tetapi, cara tersebut merupakan alternatif, ya. Selain itu tetap diperlukan merawat rambut untuk merangsang pertumbuhan, mengurangi produksi minyak pada kulit kepala, dan menghindari perawatan yang merusak keindahan rambut.