7 Kesalahan saat Membersihkan Makeup Wajah yang Harus Dihindari Agar Tak Berdampak Buruk pada Kulit
Ilustrasi kesalahan saat membersihkan makeup wajah (iStockphoto)

Bagikan:

SURABAYA - Makeup memang penting untuk menjaga penampilan. Namun, membersihkan wajah dari riasan atau makeup juga tak kalah pentingnya. Jika hal itu tak dilakukan justru berpotensi berdampak buruk pada kulit wajah. Saat melakukannya, Anda juga harus memahami pembersihan secara benar. Karena masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat membersihkan makeup wajah.

Kesalahan dalam membersihkan wajah tidak hanya berpotensi merusak kulit dan mengganggu kecantikan, namun juga akan menimbulkan sederet hal negatif lainnya. Untuk menghindarinya, garis bawahi beberapa hal berikut ini.

1. Menggosok Wajah secara Berlebihan

Bagian sekitar mata kulitnya tipis, sering kali banyak perempuan salah membesihkannya. Seperti ketika membersihkan riasan di mata dengan menggosok. Cara paling tepat, tuangkan remover ke kapas pembersih dan tempelkan selama 20-30 detik supaya lebih meresap dan mudah mengangkat sisa-sisa makeup.

2. Pakai Kapas Berserat

Bola-bola kapas kerap sekali menyisakan serat ketika dipakai untuk membersihkan wajah. Maka pilih kapas dengan serat yang rapat supaya tidak berpotensi menyebabkan iritasi.

3. Mengabaikan Rambut

Ketika membersihkan wajah, disarankan untuk mengikat rambut baik dengan ikatan ekor kuda maupun ikat rambut cepol. Mengikat rambut ke belakang perlu supaya tidak mengganggu saat Anda membersihkan wajah.

4. Tak Cuci Muka

Kesalaha paling besar, setelah membersihkan wajah dengan kapas tidak mencuci wajah dengan air. Padahal dibutuhkan untuk menghilangkan residu supaya kebersihan kulit terjaga. 

5. Tak Sabar saat Membersihkan

Menggosok kulit terlalu keras karena ingin hasil yang bersih, ternyata bisa membuat kulit memerah dan teriritasi. Maka disarankan untuk besabar dan menggosok dengan perlahan. Kulit sekitar mata adalah area yang paling sensitif, sehingga perlu menunggu beberapa detik supaya meresap dan tidak berpotensi melukai.

6. Menghindari Pemakaian Minyak

Dilansir All Women’s Talk, Rabu, 29 Desember, seseorang cenderung menghindari pemakaian minyak untuk menghindari kulit berminyak. Triknya, pilih oil yang paling cocok dan apabila memungkinkan pilih minyak kelapa untuk menghindari iritasi dan terluka.

7. Malas

Karena lelah, tidak membersihkan riasan semalaman bisa menyumbat pori-pori dan bikin berjerawat. Ini paling perlu dihindari karena setiap kali setelah memakai makeup perlu dibersihkan ya. Lakukan pembersihan wajah secara teratur.

Nah, di samping 7 kesalahan di atas, pastikan Anda memakai produk yang cocok dengan karakter kulit Anda dan pahami bagaimana cara merawat kulit yang benar.