5 Hobi yang Populer Saat Pandemi 2021, Mana yang Anda Pilih?
Ilustrasi hobi yang populer saat pandemi (Unsplash/Polina Rytova)

Bagikan:

SURABAYA - Tahun 2022, situasi pandemi masih terus berlanjut. Hal itu membuat sebagian masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. Selain itu, pandemi juga membuat masyarakat berbondong-bondong mencari hobi mereka. Di sepanjang tahun 2021, ada beberapa hobi yang populer saat pandemi.

Hobi yang populer saat pandemi

Melakoni hobi saat di rumah ternyata cukup bermanfaan. Menurut berbagai studi, hobi bisa mendistraksi tekanan, meredakan stres, bahkan bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Pada tahun kedua masa pandemi, masyarakat semakin kaya hasil kreasinya seperti dalam menggiati hobi berikut ini.

1. Baca Buku

Membaca buku, seiring kemajuan teknologi, tidak hanya secara fisik tetapi juga membaca dilakukan secara digital. Mulai dari membaca melalui gawai, hingga device khusus untuk membaca jadi hobi banyak orang sepanjang tahun ini.

2. Memelihara Hewan

Merawat atau mengadopsi binatang perliharaan merupakan hobi yang menarik. Pasalnya, meluangkan waktu untuk binatang peliharaan setiap harinya, seperti kucing, anjing, sugar glider, burung, ikan, dan lain sebagainya, bisa menurunkan stres.

3. Bersepeda

Bersepeda bukan hanya aktivitas olahraga, tetapi juga icip-icip kuliner dan merangkap hobi fotografi ketika mampir destinasi cantik. Olahraga bersepeda memang enggak hanya bisa dilihat sebagai satu aspek saja, sebab berkelindan dengan fesyen, pariwisata, hingga kesenangan menghabiskan waktu sehat di ruang terbuka saat pandemi.

4. Baking

Media sosial menjadi kanal betapa trendingnya aktivitas baking selama pandemi. Berawal dari eksperimen dengan melihat resep terpercaya dari chef kondang, bahkan baking dengan bahan minimalis, hingga memamerkan kreasi sampai menjual hasil baking masih marak hingga hari ini.

5. Bercocok Tanam

Merawat tanaman merupakan hobi yang menyenangkan. Mengutip Xinhuanet, Kamis, 30 Desember, seorang pemilik toko yang menjual bibit tanaman di Australia mengatakan bahwa selama pandemi mengalami kenaikan pembeli. Ini menandai bahwa banyak orang menggiati hobi bekebun dan merawat tanaman.