Ivan Gunawan Adopsi Boneka Sebagai Anak, Kemenag Singgung Kekuatan Gaib
Ivan Gunawan dan dua boneka (Foto: Ig @ivan_gunawan)

Bagikan:

SURABAYA - Seleb Ivan Gunawan menjadi sorotan lantaran mengumumkan kehadiran putra pertamanya yang diberi nama Miracle Putra Gunawan. Sontak warganet kaget karena Ivan belum menikah sampai saat ini. Namun setelah dicermati, anak Ivan adalah boneka.

Ivan Gunawan Tanggapi Kehebohan

Selain viral, apa yang dilakukan Ivan tentu memunculkan beragam asumsi. Salah satu asumsi yang beredar adalah Ivan memelihara boneka arwah yang sudah banyak dilakukan beberapa selebriti. Meski demikian, Ivan sendiri membantah telah mengadopsi boneka arwah.

“Sekali lagi saya tekankan anak saya bukan anak setan. Enggak ada urusannya sama iblis atau sama jin atau segala macem,” kata Ivan Gunawan melansir kanal Hitz Infotainment.

“Karena saya bukan mengadopsi ya tapi dapat dia (spirit doll) dari Ruben (Onsu). Walaupun semua orang tahu itu boneka ya tapi semua orang punya cara memperlakukan apa yang dia suka,” jelas Ivan lagi.

Kemenag Tanggapi Fenomena Spirit Doll 

Spirit doll alias boneka arwah yang banyak dimiliki para publik figur ini kebanyakan berwujud menyerupai bayi, yang kemudian mereka rawat layaknya seorang anak. Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) M. Fuad Nasar menyatakan hal ini bertentangan dengan nilai tauhid dan menurunkan nilai kemanusiaan.

"Mempercayai adanya unsur kekuatan gaib pada benda bikinan manusia atau benda alam berarti menurunkan nilai kemuliaan manusia, karena bertentangan dengan nilai tauhid sebagai asas keimanan kepada Allah Yang Maha Esa,” kata Fuad Nasar, di Jakarta, Rabu 5 Januari dilansir dari situs kementerian.

Selain itu, Fuad menilai, dalam tinjauan moderasi beragama, segala sesuatu yang merendahkan harkat, derajat, dan martabat kemanusian sebagai makhluk yang berakal harus dicegah.

“Manusia diciptakan sebagai makhluk paling tinggi dan paling mulia di antara seluruh ciptaan-Nya,” tegasnya.

Moderasi Beragama sendiri mengandung makna cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa.

Nampaknya kehebohan ini membuat  bergeming. Dia menghapus semua foto-foto boneka di Instagramnya. Sementara di akun bonekanya, cuma tersisa empat foto saja.