10 Nama Panggilan Terlarang untuk Anak yang Harus Jadi Catatan untuk Orang Tua
Ilustrasi orang tua (Gustavo Fring-Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Dari segi parenting, orang tua juga harus menjaga perkataannya agar tak berdampak buruk pada anak. Hal itu berlaku juga untuk panggilan. Pasalnya ada nama panggilan terlarang untuk anak yang alangkah lebih baik tak digunakan kepada anak. 

Memanggil anak anak dengan panggilan selain nama memang kadang terjadi. Yang kemudian jadi persoalan adalah apakah nama panggilan tersebut menyakit hati anak atau tidak.

Nama Panggilan Terlarang untuk Anak

Psikolog anak di Amerika Serikat, Maureen Healy menyarankan agar orang tua sebaiknya belajar tidak memanggil anak dengan panggilan-panggilan tertentu sesuai dengan perilaku negatif mereka. Dengan kata lain, ia membalik skrip. “Saya telah membantu seorang anak laki-laki, Tommy, mulai melihat dirinya sebagai orang yang ‘berhati-hati’, alih-alih mengatakan ia seorang ‘pengecut’, tutur Healy, dilansir dari Yourtango, Rabu, 26 Januari.

Hal tersebut adalah sifat positif yang awalnya justru dianggap negatif. Seseorang harus menerima hal buruk yang orang katakan tentangnya dan percaya sebaliknya. Karena hanya ia yang bisa memutuskan bagaimana perasaannya tentang diri sendiri.

Tentu saja, Anda sedang berproses sebagai orang tua yang kadang membuat kesalahan. Intinya adalah Anda perlu sedikit lebih sadar terkait kata-kata yang dilontarkan dari lidah ke dalam hati anak-anak.

Untuk membantu itu, Healy telah memasukkan 10 kata panggilan yang sebaiknya tidak orang tua ucapkan pada anak, yaitu;

  1. cengeng
  2. Pilih-pilih (rewel)
  3. Lemah
  4. cengeng
  5. Tak berguna
  6. Anak Bermasalah
  7. Hipersensitif
  8. Drama queen
  9. Pemberontak
  10. Nakal