Minyak Goreng Langka? Ketahui Alternatif 3 Jenis Minyak untuk Memasak
Ilustrasi alternatif minyak untuk memasak (Mareefe/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Pemerintah tengah mengatasi kelangkaan minyak goreng di pasaran. Padahal, minyak tersebut sangat dibutuhkan tidak hanya di sektor industri, namun juga rumah tangga. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir asalkan mengetahui alternatif jenis minyak untuk memasak lainnya.

Jenis Minyak untuk Memasak

Tidak hanya berdampak baik untuk kesehatan, beberapa alternatif minya berikut ini juga masih mudah didapatkan di pasaran. Anda tak perlu bingung untuk mencarinya.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan untuk memasak makanan dengan suhu hangat hingga suhu tinggi sebab memiliki kestabilan pada panas yang tinggi. Namun, minyak kelapa tidak akan cepat panas pada suhu yang tinggi.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki wangi yang harum sehingga cocok untuk dijadikan bahan membuat kue. Perlu diketahui, 92 persen kandungan minyak kelapa adalah lemak jenuh dan tahan terhadap oksidasi. Hal ini membuat minyak kelapa bisa dijadikan sebagai minyak goreng alternatif pengganti minyak sawit yang stabil.

2. Minyak zaitun

Minyak ini terbuat dari buah pohon zaitun dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan minyak zaitun dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Jenis minyak ini bisa menggantikan peran minyak goreng untuk menumis dan membuat sesuatu yang gurih. Minyak zaitun juga kerap digunakan sebagai penunjang diet.

3. Minyak Ghee

Ghee atau yang lebih dikenal dengan nama minyak samin adalah mentega yang dimurnikan. Kandungan susu dan airnya telah dihilangkan. Biasanya ghee digunakan untuk masakan tradisional India. Ghee cocok untuk memasak dan juga untuk memanggang.

4. Minyak canola

Minyak canola memiliki titik asap 400 derajat Fahrenheit dan rasanya netral. Minyak ini cocok untuk menggoreng atau alternatif minyak goreng kelapa sawit yang umum digunakan. Namun karena rasanya cenderung netral, minyak canola tidak disarankan untuk hidangan tumisan yang butuh rasa lebih kuat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Selain Minyak Sawit, 3 Minyak Ini juga Bisa Digunakan untuk Memasak.

Selain terkait jenis minyak untuk memasak, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.