5 Cara Mengendalikan Rasa Marah Secara Ampuh Tanpa Menguras Energi
Ilustrasi cara mengendalikan rasa marah (Usman Yousuf/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Kemarahan adalah salah satu emosi yang dimiliki setiap orang. Sayangnya, tak semua orang mampu mengendalikannya. Ada beberapa orang yang sangat mudah marah meski karena hal sepele. Padahal pengendalian emosi harus dimiliki setiap orang karena berdampak pada kesehatan. Lalu, bagaimana cara mengendalikan rasa marah?

Cara Mengendalikan Rasa Marah

Marah diluapkan dengan berbagai cara, ada yang meluapkannya dengan fisik, teriakan, dan sebagainya. Jika tak dikendalikan, marah yang berlebih akan membawa efek kurang baik terutama bagi kesehatan mental Anda.

Oleh karenanya, mulai kendalikan kemarahan dengan beberpa tips berikut ini.

1. Olahraga

Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres yang menjadi penyebab marah. Jika Anda merasa gampang tersulut emosi, lakukan jalan cepat atau lari. Bisa juga luangkan waktu melakukan aktivitas fisik lain yang menyenangkan.

2. Relaksasi

Saat emosi sedang berkobar, coba latih diri untuk relaks sejenak. Latih latihan pernapasan dalam, bayangkan pemandangan yang menenangkan, atau ulangi kata atau frasa yang menenangkan, seperti "Tenang saja." Anda juga dapat mendengarkan musik, menulis jurnal, melakukan beberapa pose yoga atau apa pun yang diperlukan demi menciptakan suasana hati lebih relaks.

3. Menyendiri

Beri diri waktu istirahat saat dihadapkan dengan momen-momen yang dapat memicu stres. Ketenangan dapat membantu Anda merasa lebih siap untuk menghadapi apa yang ada di depan tanpa merasa kesal atau marah.

4. Gunakan Humor

Bercanda bisa meredakan ketegangan. Gunakan humor untuk membantu Anda hadapi apa yang membuat Anda marah atau dalam keadaan kecewa saat kenyataan tidak berjalan sesuai harapan. Namun, hindari sarkasme sebab bisa melukai perasaan orang lain dan memperburuk keadaan.

5. Berpikirlah 

Saat amarah sedang memuncak, mudah rasanya mengatakan sesuatu yang nantinya akan Anda sesali. Menyadur Mayo Clinic, Kamis, 24 Maret, luangkan beberapa saat untuk menjernihkan pikiran Anda sebelum mengatakan apa pun dan biarkan orang lain yang terlibat dalam situasi tersebut melakukan hal yang sama.

Artikel ini telah tayang dengan judul BPBD Jember Imbau Warga Waspadai Banjir dan Longsor.

Selain terkait bencana alam, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Perlu Habiskan Energi, Ini 10 Cara Mengendalikan Rasa Marah.

Selain terkait cara mengendalikan rasa marah, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.