5 Kelebihan Masakan Tanpa Minyak Goreng yang Harus Diketahui Masyarakat Luas
Ilustrasi kelebihan masakan tanpa minyak goreng (Freepik/Jcomp)

Bagikan:

SURABAYA - Kelangkaan minyak goreng jadi sorotan masyarakat akhir-akhir ini. Karena hal tersebut, saran mengolah masakan tanpa minyak goreng pun mencuat. Di luar hal tersebut, tahukah Anda bahwa ada kelebihan masakan tanpa minyak goreng?

Kelebihan Masakan Tanpa Minyak Goreng

Mengolah bahan makanan tanpa digoreng bisa dilakukan dengan banyak cara. Seperti menu nasi yang diolah menjadi menu nasi bakar ikan kemangi. Ada pula menu sup bening, hingga ayam panggang beraroma rempah. Lantas apa kelebihan dari mengolah masakan tanpa minyak goreng?

1. Lebih enak

Makanan yang dimasak tanpa digoreng atau ditumis, rasanya lebih enak. Rasa bahan, seperti sayuran dalam semangkuk sup akan lebih murni. Misalnya, wortel akan terasa samar manisnya ketika dikunyah. Belum lagi brokoli yang memendarkan sedikit rasa gurih di mulut.

Jika keseluruhan bahan tersebut diolah tanpa ditumis untuk dimasak jadi sup, Anda bisa merasakan keaslian rasa sayuran.

2. Turunkan berat badan

Berkaitan dengan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi harian, jika dilakukan secara berkelanjutan bisa membantu menurunkan berat badan. Langkah ini mungkin perlu dibarengi dengan tetap aktif dan olahraga secara rutin supaya mendapatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sebagai tambahan kelebihan dari masakan tanpa minyak goreng, mengirangi minyak dapat membantu menyehatkan jantung. Ditambah lagi mengurangi risiko penggumpalan darah yang mengganggu suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh.

3. Asupan kalori harian Berkurang

Dalam jumlah terbatas, kalori dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Tetapi perlu diwaspadai, karena kalau kelebihan konsumsi kalori hanya akan mengundang masalah baru pada kesehatan secara keseluruhan.

Mengutip Mayo Clinic, Selasa, 29 Maret, orang dewasa harus membatasi kalori dari lemak jenuh. Sehari harusnya tak lebih dari 10 persen dari total kalori harian. Apabila sehari dibutuhkan 2.000 kalori, artinya jumlah lemak tak jenuh hanya boleh dikonsumsi sebanyak 200 kalori atau 22 gram. 

Nah, dari informasi tersebut bisa memotivasi untuk memasak tanpa minyak goreng atau mengolah makanan secara lebih sehat.

4. Mempertahankan nutrisi bahan makanan

Pengolahan yang terlampau rumit, membikin kandungan nutrisi menguap. Bukankah ini sangat disayangkan. Oleh karena itu memasah sehat paling baik adalah dengan menjaga keaslian rasa bahan dan mempertahankan nutrisi dalam makanan tanpa menambahkan lemak atau garam dengan jumlah berlebihan.

5. Makanan lebih sehat

Kalori yang terkandung dalam makanan utuh dibuktikan lebih sehat oleh sejumlah penelitian. Makanan tersebut seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Untuk memproses makanan utuh, Anda bisa memangganggnya sebentar atau menaburkannya sebagai toping setelah di-oven kering pada biji-bijian.

Kandungan lemak sehat dalam makanan utuh memberikan lebih banyak makrountrien, serat, protein, dan karbohidrat tanpa rasa khawatir pada kandungan lemak jenuh.

Apakah Anda tertarik untuk menyerap manfaat di atas dengan lebih kreatif mengolah masakan tanpa minyak goreng?

Artikel ini telah tayang dengan judul Bikin Hidangan Lebih Variatif, Kenali 5 Kelebihan Masakan Tanpa Minyak Goreng.

Selain terkait kelebihan masakan tanpa minyak goreng, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.