Manfaat Makan Makanan Berserat Selama Ramadan Ternyata Bantu Kurangi Risiko Karies Gigi, Begini Penjelasannya
Ilustrasi makanan berserat (Trang Doan-Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Saat sahur dan berbuka, sebagian orang cenderung makan secara tidak terarah. Padahal, memperhatikan asupan makanan saat Ramadan juga sangat penting dilakukan, termasuk mengonsumsi makanan berserat. Patut diketahui bahwa salah satu manfaat makan makanan berserat selama Ramadan adalah bantu kurangi risiko karies atau gigi berlubang.

"Perbanyak makanan berserat seperti buah dan sayur karena saat mengunyah makanan tersebut, ada stimulasi pengeluaran air liur," jelas drg. Rosdiana Nurul Annisa, Sp.KG dari RS Pelni kepada Antara, Sabtu.

Manfaat Makan Makanan Berserat

Patut diketahui pula bahwa salah satu manfaat air liur adalah untuk membersihkan rongga mulut. Dengan begitu risiko kemunculan karies atau gigi berlubang jadi lebih sedikit.

Lubang gigi bisa berpegaruh pada kesehatan karena mulut adalah tempat masuk bakteri. Gigi yang bolong akan menyebabkan peradangan, membuat pembuluh darah dalam mulut terbuka sehingga bakteri bisa masuk dengan mudah. Setelah bakteri masuk ke sirkulasi darah, mikroorganisme dapat masuk ke organ tubuh lain.

Berdasarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kementerian Kesehatan, jumlah buah dan sayur yang dibutuhkan dalam sekali makan adalah semangkuk sayur sedang setara 150 gram.

Asupan buah untuk sekali makan bisa berupa dua potong sedang pepaya (150 gram) setara dua buah jeruk sedang (110 gram) atau satu buah pisang ambon ukuran kecil (50 gram).

Perhatikan Asupan Cairan

Selama berpuasa, mulut akan menjadi lebih kering. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang kering selama berpuasa, ia mengingatkan untuk memperhatikan asupan cairan setiap hari. Setiap orang sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak 1,5 liter atau delapan gelas per hari.

"Dua gelas saat sahur, empat gelas setelah buka puasa dan dua gelas setelah tarawih," kata dokter gigi lulusan Universitas Indonesia itu.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi juga penting dilakukan sepanjang Ramadan dengan cara menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur. Menyikat gigi bisa dilakukan setidaknya setengah jam setelah sahur, bisa ditambah dengan benang gigi untuk menjangkau makanan yang terselip.