Mengapa Kuku Jari Tangan Sering Patah? Bisa Jadi Anda Kekurangan Asupan Tertentu dalam Tubuh
Ilustrasi kuku jari sering patah (Galitskaya/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Kuku jari bisa jadi penentu kondisi tubuh Anda. Kuku jari tangan sering patah kadang menandakan bahwa tubuh sedang kekurangan kolagen. Meski pun hal tersebut bukan satu-satunya penanda kesehatan seseorang.

Disadari atau tidak, kuku jari jadi bagian tubuh yang kerap dirawat karena mampu menunjang penampilan dan kecantikan. Para wanita kerap melakukan beberapa treatmen seperti kitek dan sebagainya.

Alasan Kuku Jari Tangan Sering Patah

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir dari Mind, Body, Green, Kamis, 14 April, kolagen dalam tubuh punya peran penting dalam mendukung pertumbuhan kuku yang sehat. 

kolagen adalah jenis protein yang terbuat dari asam amino, yang sifatnya keras dan tak larut di air. Kolagen membentuk sepertiga protein pada tubuh manusia. Manfaat protein akan membuat kuku menjadi lebih kuat.

Kolagen dan Kuku yang Kuat

Orang yang mengonsumsi kolagen setiap hari selama 24 minggu terbukti memiliki kuku yang tumbuh lebih cepat, kuat, dan lebih baik tampilannya. Sama halnya dengan biotin, vitamin B tambahan yang sering dijadikan suplemen pertumbuhan rambut. Biotin juga telah terbukti mampu mempertebal dan memperkokoh struktur kuku. 

Sebuah studi pada 35 orang dengan kuku rapuh menemukan bahwa konsumsi 2,5 mg biotin per hari selama enam minggu hingga 7 bulan dapat memperbaiki gejala pada 63 persen peserta.

Sayangnya, tubuh tidak dapat memproduksi biotin yang cukup sehingga Anda perlu asupan biotin tambahan yang dapat diperoleh dari makanan. Pun, biotin sering dipasangkan dengan kolagen guna mendapatkan manfaat kulit dan rambut yang sehat.