Sikat Gigi Setelah Ngopi Bisa Picu Lubang, Kok Bisa? Begini Penjelasan Ahli
Ilustrasi sikat gigi setelah ngopi (Pexels/Karolina Grabowska)

Bagikan:

SURABAYA - Jika Anda punya kebiasaan sikat gigi setelah ngopi, agaknya perlu mewaspadai rutinitas itu. Pasalnya, dokter gigi menilai kebiasaan sikat gigi setelah minum kopi punya dampak negatif terhadap kesehatan gigi. 

Kebiasaan Sikat Gigi Setelah Ngopi

Berdasarkan penjelasan dokter gigi Sharon Huang yang membuka praktik di Manhattan, mengatakan bahwa kopi adalah minuman yang asam. Di sisi lain, makanan dan minuman yang punya tingkat keamanan akan mengalami demineralisasi gigi, yang membuat email gigi jadi lebih lunak.

Saat kondisi tersebut, sikat gigi hanya akan merusak email gigi dan membuat gigi lebih sensitif, hingga berlubang.

Mengutip Well and Good, Anda tak harus menyikat gigi setelah minum kopi. Malah perlu diberi jeda beberapa waktu, baru Anda bisa menyegarkan mulut. Dokter Huang menyarankan, Anda perlu menunggu setidaknya 30 menit setelah kondisi email gigi mengeras kembali dan tidak hilang ketika Anda menyikat gigi.

Tips Menyegarkan Mulut

Anda bisa menyegarkan mulut dengan membilas mulut atau kumur dengan air suhu kamar. Huang juga menyarankan mengunyah permen karet tanpa gula selama 30 menit setelah konsumsi kopi atau makanan dan minuman asam lainnya. Cara ini dapat membantu Anda meningkatkan air liur di mulut dan membuang asam.

Pada pagi hari, waktu ideal untuk gosok gigi antara setelah bangun tidur dan sebelum minum kopi. Menyikat gigi sebelum minum kopi, dapat membantu menyingkirkan plak dan bakteri yang terkumpul semalam.

Tips Kesehatan Gigi dan Mulut

Lebih lanjut lagi, cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi peminum kopi bisa dilakukan dengan empat kebiasaan baik ini. Pertama, mulai dengan flossing kemudian menggosok gigi. Langkah ini dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Ketiga, gunakan pembersih lidah untuk menghilangkan bakteri. Terakhir, tutup perawatan sehari-hari dengan obat kumur bebas alkohol.

Selain empat langkah sehari-hari di atas, Anda disarankan untuk melakukan pembersihan gigi secara profesional dua kali setahun. Pembersihan ini ampuh untuk menghilangkan noda sebelum mereka bermigrasi ke lapisan gigi yang lebih dalam.