Agar Tetap Sehat, Cobalah Tips Membuat Nasi Goreng Sehat untuk Menu Sahur Nanti
Ilustrasi nasi goreng (Pixabay)

Bagikan:

SURABAYA – Makanan yang dikonsumsi saat sahur sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda seharian. Bisa jadi makanan tersebut menyebabkan gangguan pada perut saat puasa. Untuk menghindarinya, ada tips membuat nasi goreng untuk menu sahur.

Tips Membuat Nasi Goreng Sehat dari Pakar Kesehatan

Dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Cindiawaty J Pudjiadi mengatakan bahwa ada tips yang bisa dipakai saat terpaksa makan nasi goreng saat sahur.

"Misalnya kita tidak mau lemak berlebihan, minyaknya sedikit saja. Nasi goreng itu bisa dikreasikan bagaimanapun juga disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Tetap bisa dalam bentuk nasi goreng, mau sahur mau buka (puasa)," kata Cindiawaty, dikutip dari Antara, Sabtu 1 Mei.

Lalu Anda dapat menambahkan sumber protein hewani. Sumber tersebut seperti daging ayam, telur, daging sapi, ikan dan kacang polong. Anda bisa menyesuaikan sesuai porsi.

Tambahkan pula sayuran semisal wortel, buncis agar nasi goreng Anda bergizi lengkap. Namun saat tubuh sedang mengalami masalah maag dan GERD baiknya batasi makanan tinggi gas seperti kol.

"Sekali masak praktis cepat dan komplit. Supaya lengkap ditambah sayur, lalu ditutup dengan buah. Menu nasi porsinya sesuai kebutuhan tubuh, kalau Anda gemuk lebih sedikit. Protein wajib, kadang pasien saja pagi-pagi harus makan dua porsi protein jadi 80-100 gram, pas buka 120 gram, tetapi bisa tetap turun (berat badannya)," katanya.

Saat sahur jangan lupa konsumsi buah seperti semangka atau melon. Jangan lupa pula minum minimal dua gelas air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda.

Selain terkait tips membuat nasi goreng sehat , dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.