Ingin Mencoba Mengatasi Rasa Kesepian? Cobalah Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini
Ilustrasi (Abhiram Prakash-Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Meski di masa pandemi sekarang ini larangan untuk beraktivitas di luar sudah diperlonggar, namun tetap saja Anda belum bisa bertemu dengan orang sebebasnya. Batasan-batasan tertentu harus tetap dijalankan demi keselamatan bersama. 

Adanya larangan untuk berkumpul seperti dulu tentu menciptakan rasa kesepian, stres, hingga frustasi. Jika hal ini terus dilakukan secara berulang, tentu akan membawa dampak negatif. Kesepian yang berkepanjangan bisa menguras emosi hingga menimbulkan sakit fisik seperti nyeri, masalah tidur, dan menurunnya kekebalan tubuh. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, lakukan beberapa tips berikut ini saat Anda merasa kesepian. 

Mengubah Mindset

Pada dasarnya, perasaan kesepian muncul ketika Anda menjadi terisolasi dan kebutuhan Anda akan interaksi sosial dan hubungan antar manusia tidak terpenuhi. Mengubah mindset atau sudut pandang tentang apa artinya menyendiri, dapat mempermudah Anda untuk menavigasi perasaan kesepian. 

Perlu digaris bawahi, memiliki waktu menyendiri yang berkualitas terkadang diperlukan untuk menciptakan peluang penemuan jati diri, pemikiran kreatif, dan refleksi diri. Jadi, alih-alih meratapi perasaan kesepian yang muncul, Anda bisa mempergunakan waktu sendiri Anda untuk hal-hal yang menguntungkan bagi diri Anda sendiri. 

Tetap terhubung

Untuk tetap bisa terhubung dan berinteraksi dengan orang terkasih tidak melulu harus bertemu secara langsung, karena Anda bisa tetap terhubung secara virtual, misalnya melalui obrolan video atau pesan teks. Meskipun terasa berbeda, namun hal ini dapat membantu mengurangi perasaan kesepian. 

Mempertimbangkan untuk Memiliki Hewan Peliharaan

Tidak semua orang memiliki sarana atau kemampuan untuk merawat hewan peliharaan, jadi tips yang satu ini tidak akan berhasil untuk semua orang. Namun, jika Anda merasa mampu dan memiliki sarana yang mendukung untuk memelihara hewan peliharaan, tidak ada salahnya untuk mencoba. 

Menurut penelitian tahun 2018, memelihara hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan juga kesehatan fisik. Hewan peliharaan yang Anda miliki mungkin tidak bisa berbicara, tetapi kehadiran makhluk hidup lain dapat membantu Anda menghilangkan stres, membangkitkan semangat, dan menghibur. 

Beristirahatlah Dari Sosial Media 

Penting, namun tidak mudah untuk dilakukan. Betul, tidak? Iya, beristirahat sejenak dari sosial media itu sangat penting untuk dilakukan karena dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. 

Alih-alih dapat mengurangi perasaan kesepian, terkadang sosial media justru dapat meningkatkan perasaan kesepian. Mengapa? Ini karena, di sosial media Anda bisa saja melihat orang lain menghabiskan waktu dengan pasangan atau anggota keluarga, dan hal ini tentu dapat semakin menciptakan perasaan kesepian. 

Tidak perlu sampai menutup akun sosial media (namun jika Anda merasa perlu, tidak salah untuk dilakukan), Anda hanya perlu menutup aplikasi tersebut selama beberapa waktu tetapi tetap terhubung dengan panggilan telepon atau pesan teks sebagai gantinya. 

Lakukan Sesuatu Yang Anda Sukai

Melakukan sesuatu yang Anda sukai, seperti berolahraga, bermain video game, menonton film, membaca buku, atau memasak dapat menciptakan perasaan tenang, sehingga Anda tidak merasa kesepian. 

Selain itu, melakukan hobi atau sesuatu yang Anda sukai juga berfungsi sebagai perawatan

diri, yang berperan penting untuk meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Pergi keluar

Berjalan-jalan sejenak ke luar rumah dapat mengalihkan perhatian dan membantu menghilangkan perasaan kesepian. Tidak perlu jauh-jauh melakukan perjalan ke luar kota atau luar negeri, Anda bisa pergi berjalan-jalan santai di taman atau di sekitar lingkungan rumah bersama hewan peliharaan. 

Anda juga bisa pergi ke luar rumah untuk alasan berolahraga ringan, seperti bersepeda, jogging, atau berjalan kaki santai. Selain meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, kegiatan ini tentu saja berdampak positif untuk mengurangi perasaan kesepian sekaligus meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hal-hal yang Dapat Dilakukan saat Anda Merasa Kesepian.Selain terkait mengatasi rasa kesepian, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.