Manfaat Gandeng Tangan Kekasih Ternyata Cukup Besar, Begini Penjelasannya
Ilustrasi berpegangan Tangan (Joanna Nix-Walkup/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA – Setiap pasangan tentunya ingin memiliki hubungan yang romantis. Pasalnya, keromantisan dipercaya dapat memperkuat rasa cinta sepasang kekasih. Banyak yang sibuk memikirkan cara luar biasa untuk tetap romantis dengan pasangan.

Sedangkan, hal sederhana seperti bergandengan tangan kerap dilupakan. Padahal selain romantis, bergandengan tangan juga dipercaya dapat menurunkan stres. 

Manfaat Gandeng Tangan Kekasih Bisa Mengurangi Stres

Sebuah studi tahun 2006 yang dilakukan oleh psikolog Universitas Virginia, Dr. James Coan, menunjukkan bahwa berpegangan tangan bisa menurunkan stres dalam tubuh. Dilansir dari laman Your Tango, Kamis, 20 Mei studi ini melibatkan 16 wanita yang pernikahannya sangat bahagia. Mereka dilibatkan dalam situasi stres sambil memantau aktivitas otak dengan mesin f.M.R.I. 

Setelah memberikan kejutan listrik kepada setiap wanita, para peneliti mengukur aktivitas yang dihasilkan di area respons stres di otaknya. Peneliti kemudian mengulangi kejutan itu saat para wanita memegang tangan orang asing kemudian sambil memegang tangan suaminya.

Hasil studi ini menunjukkan bahwa ketika menggenggam tangan pasangan terdapat lebih sedikit stres pada otak wanita dibandingkan ketika menggenggam tangan orang asing. Itu berarti bahwa berpegangan tangan bisa membuat stres berkurang dilihat dari respon otak.

Ketika pasangan sering berpegangan tangan, tentu mereka akan terhindar dari stres. Ketika tak mengalami stres, tentu tubuhnya akan menjadi lebih sehat. Dan hubungan yang lebih sehat membuat suatu hubungan menjadi lebih bahagia. Jadi, berpegangan tangan bukan hanya baik untuk hubungan tetapi juga bisa memberi manfaat kesehatan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bergandengan Tangan dengan Pasangan Dapat Menurunkan Stres, Cek Faktanya.

Selain terkait manfaat gandeng tangan kekasih, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.