Seorang yang Sulit Menjalin Hubungan Bisa Jadi Punya Gangguan Sosiopat, Ini Cirinya
Ilustrasi (Keira Burton/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Anda tentu pernah mendengar gangguan sosiopat. Meski istilah tersebut tak asing, tak semua orang mengetahui pengertian sosiopat. Gangguan sosiopat sendiri merujuk pada orang yang memiliki gangguan kepribadian antisosial dan berdampak pada kesehatan mental.

Seorang sosiopat biasanya tak peduli jika perilaku mereka akan berdampak pada lingkungan sekitar atau tidak. Hal ini yang membuatnya bersikap sesuka hati tanpa memerhatikan aturan yang ada.

Apa Saja Gangguan Sosiopat?

Melansir dari laman Fimela, Kamis, 23 September, berikut ini beberapa ciri sosiopat yang bisa dikenali.

1. Kurang berempati

Kurangnya empati adalah salah satu tanda sosiopat yang paling mudah dikenali, terutama ketidakmampuan untuk menyesali tindakannya. Sehingga mereka agak bebas untuk melakukan apa saja dan tidak peduli dengan perasaan orang lain.

2. Sulit menjalin hubungan

Orang yang sosiopat juga merasa sulit untuk menjalin ikatan emosional, sehingga hubungan mereka seringkali tidak stabil. Dan ini membuatnya berpikir untuk mencari keuntungan dalam hubungan tersebut, melalui intimidasi atau penipuan

3. Manipulatif

Sosiopat cenderung mencoba merayu dan mengambil hati orang-orang di sekitar mereka untuk keuntungan mereka sendiri atau untuk hiburan. Seorang sosiopat sangat mudah meyakinkan orang lain hanya dengan kata-katanya.

4. Tidak berperasaan

Beberapa mungkin terbuka melakukan kekerasan dan agresif, tapi seorang sosiopat cenderung menunjukkan ketidakpedulian terhadap perasaan orang lain.

5. Senang permusuhan

Sosiopat tidak hanya memusuhi diri mereka sendiri, tetapi mereka lebih cenderung menafsirkan perilaku orang lain sebagai permusuhan, yang mendorong mereka untuk membalas dendam.

6. Tidak punya teman

Orang dengan gangguan kepribadian antisosial biasanya tidak memiliki teman. Pada beberapa kasus, seorang sosiopat mungkin saja memiliki teman. Namun, hubungannya bukan hubungan yang mendalam.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sulit Berempati? Bisa Jadi Anda Memiliki Gangguan Sosiopat.

Selain terkait gangguan sosiopat, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.