5 Tips Belanja Kosmetik Berbahan Alami Agar Tak Membahayakan Kesehatan Anda
Ilustrasi tips belanja kosmetik bahan alami (Unsplash/Bee Naturalles)

Bagikan:

SURABAYA – Gaya hidup sehat saat ini mulai banyak digemari, termasuk dalam hal pemilihan kosmetik. Meski mahal dan dinilai aman, Anda harus memperhitungkan beberapa tips belanja kosmetik berbahan alami agar tak membahayakan kesehatan dan kecantikan Anda.

Dilansir Healthline, Senin, 4 Oktober, harga mahal skincare dan kosmetik alami dikarenakan bahannya diambil dari bahan berkualitas tinggi yang diolah dengan teknologi canggih pula. Bahan yang digunakan pada kosmetik alami juga terbatas karena berbagai faktor seperti musik dan sebagainya.

Agar Anda bisa lebih aman berbelanja kosmetik alami, berikut ini tips yang bisa Anda ikuti.

1. Pilih yang tak mengandung pengawet sintetis

Umur simpan kosmetik berbahan alami tidak panjang. Ini disebabkan tidak disertakan pengawet sintetis. Misalnya paraben yang pernah dibuktikan berbahaya dalam sejumlah studi. Pada tahun 2016, studi yang dipublikasikan dalam National Institute of Health menemukan paraben bisa terserap dalam kulit dan dirilis melalui urin.

Pada ibu hamil, apabila paraben bisa memengaruhi proses kelahiran. Selain itu bisa memicu gangguan hormon. Studi selanjutnya, beberapa pengawet sintetis yang bepotensi beracun antara lain: formaldehida, ftalat, bahan lain yang terdaftar sebagai fragrance atau ‘wewangian’, dan toluene.

2. Pilih yang berwarna alami

Tidak mengandung pewarna buatan. Warna-warnanya terlihat alami dan tidak secerah kosmetik biasa. Untuk mengecek warnanya, Anda bisa membandingkan dengan kosmetik biasa. Apabila warnanya biasa saja, tidak cerah berlebihan besar kemungkinannya berbahan alami.

3. Perhitungkan batas keamanan bahan-bahan logam

Seperti timbal dan arsenik, bahan tersebut juga ditemukan termasuk dalam kosmetik bahan alami. Tetapi produsen kosmetik bahan alami harus memenuhi batas keamanan untuk bahan-bahan tersebut.

Merujuk dari The Food ang Drug Administration (FDA), definisi produk berbahan alami tidak diatur secara ketat. Ini merupakan pertanggung-jawaban produsen kepada konsumen untuk memastikan produk mereka aman.

Hal tersebut berarti bahwa dalam setip produk yang mengklaim berbahan alami, diwajibkan menyertakan bahan, muasal bahan, proses, hingga campuran bahan kimia serta kadarnya.

4. Pilih yang Aromanya natural

Wewangian buatan pada kosmetik bisa sangat menyengat sehingga membuat kepala pusing. Menurut studi than 2014, bau pada wewangian buatan bisa memicu sakit kepala pada orang yang rentan mengalami migrain. Biasanya, produk kosmetik yang berbahan alami tidak memiliki bau menyengat. Aromanya lebih lembut dan menyamankan.

5. Coba dengan oleskan pada kulit

Bagi seseorang dengan kulit sensitif, kosmetik bisa dicoba dengan dioleskan pada telapak tangan dulu. Apabila menimbulkan efek memerah atau gatal, hindari memilih kosmetik tersebut. Pada umumnya, seseorang dengan dermatitis kulit tidak tahan dengan pewangi buatan, pengawet sintetis, dan pewarna tidak alami.

Dalam memilih atau berbelanja produk kosmetik berbahan alami, perhatikan pula bahan utama yang dipakai. Menurut studi tahun 2017 yang dipublikasikan di International Journal of Molecular Sciences, mengatakan bahwa makeup berbahan alami memakai ekstrak yang diperkirakan menyehatkan kulit dengan kandungan vitamin dan antioksidan.

Artinya, perhatikan keterangan lengkap pada label dan ulasan pengguna atau konsumen. Apabila mengkalim ‘berasal dari bahan organik’ dan berserfitikat, berarti setidaknya mengandung 95 persen bahan organik. Sedangkan apabila mengkalim ‘dibuat dengan bahan organik’ artinya mengandung minimal 70 persen bahan organik.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perlu Memilih dengan Jeli, Ikuti 5 Tips Belanja Kosmetik Bahan Alami.

Selain terkait tips belanja kosmetik berbahan alami, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.