Pelatih Thailand Alexandre Polking Menangis Setelah Timnya Bantai Timnas RI 4-0, Ada Apa?
Pelatih Thailand, Alexandre Polking (tangkapan layar sesi konferensi pers)

Bagikan:

SURABAYA - Meski menuai kemenangan besar saat menghadapi Tim Nasional Indonesia di leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu malam, pelatih Thailand, Alexandre Polking justru kedapatan menangis. Apa yang membuatnya menangis?

Pria yang berusia 45 tahun itu menangis saat melangsungkan konferensi pers usai laga. Tangisannya pecah saat disinggung terkait alasannya memasukan penjaga gawang veteran, Kawin Thamsatchanan di menit ke-75.

Alexandre Polking Menangis di Depan Wartawan

Dengan mata sembab, Polking memberikan jawaban mengapa ia memasukkan Kawin. Menurutnya, keputusan itu dilakukan karena sang penjaga gawang sedang dirundung duka karena sang ayah baru saja meninggal dunia.

Mengingat alasan itu, tak pelak Polking merasa sentimentil dan tak kuasa membendung air matanya di depan awak media.

"Sebelumnya bukan saya tidak respek dengan Indonesia dan staf, tetapi saya memasukkan Kawin ke lapangan supaya dia bisa terhibur di pertandingan. Sebab, semua tahu bahwa ayahnya baru saja meninggal," ucap Polking.

Dalam laga final leg pertama yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura pada Rabu, 29 Desember, Thailand mampu membenamkan timnas dengan skor telak 4-0 lewat brace Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat dan Bordin Phala.

Kawin Turun di Lapangan saat Sudah Unggul

Keputusan Polking memberi kesempatan Kawin turun di lapangan itu terjadi ketika pasukan Gajah Perang unggul 3-0. Saat itu Polking menarik Siwarak Tedsungnoen yang sebenarnya tampil bagus untuk digantikan oleh Kawin.

Saat berada di lapangan dalam kondisi berduka, performa Kawin tetap bisa diandalkan. Sebab, ia terbukti berhasil menghalau serangan Skuat Garuda tanpa cela hingga pertandingan berakhir.

Meski Kawin hanya bisa merasakan atmosfer pertandingan di menit-menit akhir,  Polking berharap keputusannya itu bisa sedikit menghibur sang kiper  yang tengah berduka.

Terlepas dari keputusan tersebut, kemenangan 4-0 Thailand atas Indonesia ini membuat mereka akan lebih nyaman untuk melakoni pertandingan final leg kedua. Laga itu akan digelar di Stadion Nasional Singapura, Sabtu, 1 Januari 2022 mendatang.