Berkenalan dengan CT-1: Mobil Listrik dari Israel yang Bisa Dilipat
Mobil listrik lipat buatan Israel (Sumber: Motor)

Bagikan:

SURABAYA - Perkembangan mobil listrik kini mulai pesat. Beberapa perusahaan berlomba merancang produk kendaraan listrik mereka. Salah satu perusahaan yang mulai memproduksi mobil listrik adalah City Transformer. Perusahaan tersebut dari Israel yang memproduksi CT-1. Mobil listrik dari Israel itu punya beberapa kelebihan.

Panjang CT-1 mencapai 2,49 meter dengan lebar 1,4 meter. Spesialnya lagi, roda mobil tersebut dapat dilipat hingga ukurannya lebih kecil. CT-1 juga diklaim mampu parkir dengan mudah meski di area sempit sekalipun. Selain itu manuver mobil bisa dilakukan dengan sangat mudah saat lalu lintas padat.

Inspirasi Mobil Listrik dari Israel

Asaf Formoza selaku CEO City Transformer menyatakan bahwa dirinya terinspirasi untuk membuat mobil listrik yang bisa dilipat ketika berkendara di jalanan Tel Aviv yang padat saat arus lalu lintas macet. Hal tersebut membuatnya frustasi. Pada suatu kesempatan Formoza memilih menunggangi sepeda motor namun itu tidak bisa menyelesaikan masalah.

“Lebih dari 4 miliar orang saat ini tinggal di perkotaan dan akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Orang-orang membutuhkan kendaraan di pusat kota, supaya (bisa) melintasi jalanan sempit, untuk masa depan,” kata Formoza sebagaimana dikutip dari The Time of Israel, Selasa 19 Oktober 2021.

Hingga saat ini mobil listrik lipat buatan perusahaan asal Israel itu baru akan digunakan sebagai kendaraan tanggap darurat. Sebagai informasi, mobil tersebut hanya bisa memuat dua penumpang. Keterbatasan kapasitas tersebut disebabkan karena mobil akan menyusut ketika jarak sumbu roda merapat.

Mobil Listrik dari Israel Bakal Mengaspal Tahun Depan

Mobil listrik tersebut bisa melaju dengan kecepatan 45 km per jam dalam mode menyusut. Sementara dalam ukuran normal, mobil bisa melaju dengan kecepatan 95 km per jam. Daya jangkaunya bisa menempuh 100 hingga 150 km dalam sekali pengisian baterai.

Rencananya, mobil listrik akan mengaspal di jalanan Israel pada tahun 2022-2023. Meski demikian, City Transformer memercayakan pihak ketiga untuk membuat mobil listrik tersebut. Adalah Roding Automobile, perusahaan asal Jerman yang dipercaya untuk memproduksi mobil listrik lipat yang pertama. Kemungkinan untuk produksi dalam skala besar akan dibuat oleh pihak ketiga.

Asaf Formoza memprediksi perusahaannya akan membuat sebanyak 15.000 mobil CT-1 di tahun 2024. Rencananya mobil listrik lipat tersebut akan tersedia dalam varian warna putih, biru, merah, dan abu-abu. Perusahaan akan menjual mobil listriknya seharga 12.500 dolar AS atau sekitar Rp176 jutaan.