Gara-gara Korsleting saat Charge Motor Listrik, Rumah Salah Satu Warga di Banyuwangi Luder karena Kebakaran
Kebakaran menghanguskan sepeda dan perabotan (FOTO ISTIMEWA)

Bagikan:

SURABAYA - Kabakaran menghanguskan rumah salah seorang warga di Jalan Cut nyak Dien, Kelurahan Tukang Kayu, Banyuwangi, Jawa Timur. Rumah tersebut milik Joni (38) yang habis terbakar saat mengisi ulang daya (charge) motor listrik.

Kebakaran Berasal dari Dapur

Ia menjelaskan bahwa kebakaran terjadi pada hari Rabu 23 Februari 2022 sekitar pukul 11.30 WIB. Menurutnya, api menjalar dari arah dapur, tempat di mana ia mengisi daya motor listriknya.

"Saat itu saya tidur. Pertama istri yang melihat, api muncul dari arah dapur dan posisinya sudah membesar," jelas Joni, Rabu, 23 Februari.

Setelah itu api langsung melahap bangunan rumah yang notabene terbuat dari kayu. Kebakaran juga menghanguskan perabot rumah termasuk 1 unit sepeda.

"Estimasi kerugian lebih dari Rp100 juta," kata pria yang berprofesi sebagai teknisi elektronik itu.

Pemicu Kebakaran

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Wawan Yatmadi menyebut kebakaran diduga dipicu korsleting listrik. Api muncul dari arah dapur dan menjalar ke seluruh bangunan rumah.

"Dugaannya karena konsleting listrik. Bangunan dan perabotan yang banyak terbakar. Tidak ada korban jiwa," kata Wawan sapaan akrabnya.

Proses pemadaman, lanjut Wawan, berlangsung sekitar 30 menit. Ada 5 unit mobil damkar dikerahkan.

"Saat ini sudah mulai proses pendinginan, beruntung tadi segera ditangani sehingga api tidak sampai menyebar," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Rumah Warga di Banyuwangi Ludes Terbakar karena Korsleting saat Charge Motor Listrik.