Ruhut Sitompul Minta Maaf Setelah Sebar Foto Anies Baswedan Telanjang Dada Berkoteka: Maafkan Aku
Anies Baswedan dan Ruhut Sitompul. (Facebook/YouTube/pribadi)

Bagikan:

SURABAYA - Setelah menuai sorotan karena mengunggah foto editan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Politikus PDIP Ruhut Sitompul akhirnya meminta maaf.

Sebelumnya, Ruhut mengunggah foto Anies Baswedan yang diedit dengan pakaian busana Papua lengkap dengan koteka. Ia membagikan foto tersebut lewat akun media sosial Twitternya. Hal itu ia lakukan tak lama setelah ia memposting foto bernarasi 'Haram Dukung Anies Baswedan'.

Ruhut Sitompul Dihujat

Aksi Ruhut kemudian dihhujat banyak warganet. Beberapa pihak bahkan ikut mengecem. Namun Ruhut berdalih bahwa pengecam dirinya tak tahu masalah sebenarnya.

"Taunya aku dihujat habis2an tapi apa mau dikata apalagi yang hujat pada tidak tau permasalahannya," katanya dalam akun Twitter @ruhutsitompul, Jumat 13 Mei.

Permintaan Maaf

Ruhut pun menyampaikan permintaan maafnya. Sebagai pribadi sekaligus politikus yang aktif bermedia sosial, kata dia, tentu tidak akan lepas dari kesalahan.

"Tapi aku harus berhikmat dan untuk semua yang masih marah2 maafkan aku manusia yang tidak luput dari kesalahan MERDEKA," ujarnya.

Sebelumnya, Ruhut memperlihatkan foto editan Anies dengan pakaian adat tradional masyarakat Papua. Di foto itu Anies tidak mengenakan atasan, bagian bawah tubuhnya hanya menggunakan koteka.

Tanggapan Roy Suryo

Eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menanggapi foto yang diunggah Ruhut. Menurut Roy, Ruhut tak kapok, belum lama menyebar konten hoaks berkaitan Anies kini berulah kembali.

"Lagi2 ini HOAX. Foto EDITAN diposting2 Ruhut lagi," ujar Roy lewat akun Twitter @KRMTRoySuryo2.

Ruhut mengunggah konten editan Anies berbusana Papua tak lama setelah memposting foto kumpulan pengendara motor besar mengenakan pakaian bertuliskan 'Haram Dukung Anies Baswedan'. Kala itu Roy juga mengomentari foto yang diunggah Ruhut.

Foto Asli

Menurut Roy, foto itu merupakan dokumentasi ketika klub motor Ducati Desmo OC Indonesia (DDOCI) menuju beriringan menuju sebuah acara pada 2008.

Roy juga mengunggah foto yang dinilainya asli tanpa editan tidak seperti yang diposting Ruhut. "Foto tsb Aslinya Event Klub Motor Ducati Desmo OC Indonesia (DDOCI) menuju Automall SCBD tgl 24/08/08 lalu," ujar Roy lewat akun Twitternya.

Terkait