Wisata Air Sungai Kalimas Surabaya Akan Dikembangkan, Walkot Eri Rencanakan Pasar Apung
Destinasi wisata air Sungai Kalimas Surabaya. (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Wisata air SUngai Kalimas Surabaya, Jawa Timur akan dikembangkan lebih baik lagi. Sebagai salah satu upayanya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengumpulkan masukan dari warga agar membuat wisata tersebut lebih baik lagi.

"Banyak masukan yang sudah saya terima dan insyaallah akan melengkapi. Saya optimistis ketika warga Surabaya atau siapapun yang berwisata ke Surabaya memanfaatkan Kalimas ini akan merasa bisa senang, nyaman dan bahagia," ucap Wali Kota Eri Cahyadi di Surabaya, Antara, Kamis, 16 Juni.

Menikmati Wisata Air Sungai Kalimas Surabaya

Wali Kota Eri Cahyadi juga meminta masukan dari kalangan awak media. Ia mengajak puluhan pimpinan perusahaan media dan redaksi dan perwakilan organisasi pers di Kota Pahlawan untuk ikut meramaikan Wisata Air Kalimas pada Rabu malam.

Sambil mengendarai perahu, puluhan awak media diajak menikmati pemandangan malam Kota Surabaya lewat Sungai Kalimas. Rute dimulai dari Dermaga Monumen Kapal Selam (Monkasel) dan singgah di Floating Market Dermaga Taman Prestasi. Kemudian, dilanjutkan menikmati live painting di Dermaga Taman Ekspresi dan finis ke Dermaga Siola.

Melibatkan Media

Eri menyadari, bahwa membangun Kota Surabaya tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan akan sempurna apabila seluruh stakeholder termasuk awak media terlibat di dalamnya. "Dengan sinergitas yang kuat itulah yang membuat Surabaya menjadi hebat," kata Eri dilansir dari Antara, Kamis, 16 Juni. 

Sejumlah masukan dari awak media itupun ditampung Wali Kota Eri ketika bersama-sama menyusuri Wisata Air Kalimas. Beberapa masukan itu di antaranya, menambah lampu penerangan, spot-spot wisata, musik dan pertunjukan seni hingga pasar terapung (floating market).

"Karena kan menyusuri sungainya panjang. Nah, ini akan kami tambahkan titik-titik (spot) tertentu nanti, termasuk Pasar Apung," ujar Eri.

Pasar Apung

Meski tiket yang ditawarkan ada objek Wisata Air Kalimas tidak mahal, Eri menginginkan agar wisatawan itu bisa senang dan bahagia. Bahkan, untuk memanjakan mereka, di sepanjang Sungai Kalimas bakal ditambah lagi dengan spot-spot seni dan Pasar Apung.

"Nanti setiap wisatawan itu akan diberhentikan di titik-titik tertentu untuk menikmati dan membeli produk-produk UMKM yang kita pasarkan di Sungai Kalimas," kata dia.

Pascadiresmikan pada 31 Mei 2022 lalu, Eri menyatakan, animo wisatawan yang ingin menikmati Wisata Air Kalimas terus meningkat. Bahkan, di saat akhir pekan, tiket yang dijual melalui daring langsung ludes dalam waktu sekejap.

"Maka kami juga akan menambah perahu, karena pada Sabtu dan Minggu, perahu kami sudah tidak menampung. Jumlah yang antre luar biasa, animonya tinggi," katanya.

Dilengkapi Spot Baru

Oleh sebab itu, kata dia, selain berencana melengkapi spot-spot wisata baru, Eri juga bakal menambah lagi unit perahu. Itu diharapkan agar wisatawan yang ingin menikmati Wisata Air Kalimas tidak terlalu lama menunggu perahu datang.

"Sekarang ada 12 perahu, Insya Allah kami akan menambah sekitar lima atau tujuh. Karena nanti kan di situ termasuk ada Perahu Apung dan UMKM yang jualan di sana," kata dia.