Pulihkan Ekonomi Warga Surabaya, Pemkot Bakal Fokus Kembangkan Wisata Pesisir Romokalisari
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (FOTO VIA ANTARA).jpg

Bagikan:

SURABAYA - Kawasan pesisir di Surabaya bakal menjadi target pengembangan wisata. Hal tersebut dilakukan oleh  Pemerintah Kota (Pemkot) sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi masyarakat Surabaya, Jawa Timur di tengah pandemi.

Pengembangan Wisata Pesisir Romokalisari 

Pemkot Surabaya akan menargetkan beberapa tempat wisata, salah satunya adalah wisata pesisir Romokalisari. Di tempat tersebut akan dikembangkan wisata perahu. Sebagai tindak lanjut sementara, Surabaya memberikan bantuan empat unit perahu kepada nelayan yang bekerja di kawasan wisata pesisir Romokalisari. 

"Tapi nanti yang akan diberikan kepada nelayan Romokalisari totalnya ada tujuh unit perahu. Dengan adanya bantuan perahu ini, harapannya dapat digunakan untuk mencari nafkah. Selain sebagai sarana mencari nafkah di laut, juga bisa digunakan sebagai sarana wisata perahu," ucap Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, di Surabaya, Selasa, 21 Desember.

Pemkot Surabaya tak berjalan sendiri. Ke depannya akan dilakukan koordinasi dengan Forkopimda Surabaya, dan perguruan tinggi untuk mengembangkan padat karya dan perekonomian di kawasan ini.

Akan Ada Sejumlah Fasilitas Menarik

Tak hanya wisata perahu, Eri Cahyadi juga berencana mengadakan fasilitas menarik lain pada tahun 2022 mendatang. Di antaranya wisata Jet Ski, wisata berkuda hingga wisata kuliner tersedia di pesisir Romokalisari.

"Untuk jet ski coming soon (akan datang) di Januari 2022. Kawasan wisata pesisir Romokalisari ini pemandangannya bagus. Kalau malam tambah apik, digawe wisata kuliner (kalau malam tambah bagus dibuat wisata kuliner)," ujarnya.

Selain wisata pesisir Romokalisari, Eri Cahyadi mengaku akan fokus mengembangkan kawasan wisata Sontoh Laut. Rencananya di tahun 2022, kawasan wisata pesisir Romokalisari dan Sontoh Laut bakal menjadi jujukan wisata baru di Kota Surabaya.

Eri Akan Dongkrak Ekonomi

Eri Cahyadi optimistis dengan adanya berbagai fasilitas wisata di wisata pesisir, dapat mendongkrak perekonomian pendapatan warga di sekitarnya. Terutama bagi keluarga para nelayan yang bekerja di kawasan wisata ini.

"Target kami kan setiap kepala keluarga penghasilannya bisa Rp7 juta. Jadi dengan wisata pesisir Romokalisari ini, pendapatan para nelayan ini dapat berkembang. Karena nanti kan ada yang jualan makanan, minuman, dan penunjang wisata lainnya, karena view pesisir ini bisa dijual nantinya," ujarnya.