Komisi B DPRD Surabaya Minta Pemkot Sediakan Ruang untuk Seniman di Jalan Tunjungan
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat mengunjungi Jalan Tunjungan, Kota Suabaya (FOTO ANTARA-HO-Humas Pemkot Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Jalan Tunjungan direncanakan bakal direvitalisasi. Dalam program tersebut, Komisi B DPRD Kota Surabaya meminta agar pemerintah kota setempat memperhatikan beberapa hal, mengingat jalan tersebut adalah cukup legendaris di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Beberapa Hal yang Dibutuhkan di Jalan Tunjungan 

Wakil Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya Anas Karno di Surabaya, Jumat (12/11/2021), menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang dibutuhkan untuk mendukung Jalan Tunjungan jadi destinasi pariwisata. Beberapa di antaranya adalah parkir kendaraan, ruang UMKM di luar gerai yang ada, integrasi dengan pusat perbelanjaan modern Tunjungan Plaza (TP) dan Pasar Genteng.

"Kehadiran seni budaya juga tidak bisa dilepaskan. Sehingga Jalan Tunjungan sebagai etalase Kota Surabaya," tuturnya.

Tak hanya itu, Pemkot juga harus memberikan ruang untuk seniman bermain musik di Jalan Tunjungan. Hal itu bertujuan agar suasana jalan legendaris tersebut hidup dan berkesan bagi warga Surabaya maupun pendatang.

Konsep Hetitage di Jalan Tunjungan

Konektivitas antara Pasar Genteng, Jalan Tunjungan, dan Tunjungan Plaza adalah kekuatan untuk dapat kembali meramaikan Jalan Tunjungan sehingga menjadi pusat wisata di tengah jantung kota Surabaya.

Dengan adanya revitalisasi Jalan Tunjungan ini, Anas Karno berharap agar mampu menggairahkan dan menggerakkan roda ekonomi yang sempat terpuruk karena Pandemi. Baginya, Jalan Tunjungan dengan konsep heritage akan menarik banyak kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Banyak sekali bangunan di kanan kiri jalan yang berdiri masih memiliki nilai histori. Terutama pada malam hari yang dipenuhi dengan berbagai lampu warna warni," katanya.

Anas Karno juga berharap pengembangan kawasan Jalan Tunjungan menjadi kawasan eksotis, indah, dan tentunya lebih cantik suasananya. Ia juga meminta diadakan spot foto agar lebih digemari anak muda.

"Untuk itu, Pemkot juga harus menyediakan spot-spot foto yang Instagramable. Ini lantaran tak sedikit anak muda yang menghabiskan waktunya di jalan tersebut," kata politikus PDIP ini.

Jalan Tunjungan Bakal Jadi Tujuan Wisata

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan, pihaknya ingin menyulap Jalan Tunjungan menjadi salah satu kawasan wisata untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

"Setelah Surabaya sudah masuk ke dalam level 1, maka ini waktunya kita bangkit menggerakan ekonominya UMKM Surabaya," kata Wali Kota Eri.

Oleh karena itu, lanjut Eri, dalam waktu dekat, akan ada pembukaan Jalan Tunjungan. Ia meminta tolong, semua pengusaha di Surabaya memakai batiknya Surabaya untuk jalan di Jalan Tunjungan bersama wali kota dan Forkopimda.