Cara Membekukan Sisa Cake Agar Tak Terbuang Mubazir dan Bisa Dimakan Lagi Lain Waktu
Ilustrasi cake (SwapnIl Dwivedi/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA - Menyimpan cake yang tak habis dimakan dalam satu waktu adalah hal yang wajar dilakukan. Namun dalam praktiknya, menyimpan cake sisa tak banyak diketahui, bahkan oleh seseorang yang hobi baking. Oleh karenanya, ikuti cara membekukan sisa cake agar tak terbuang.

Cara Membekukan Sisa Cake

Membekukan cake banyak dilakukan terutama oleh toko cake atau bakery skala besar. Biasanya penyimpanan cake dilakukan sebelum didekor.

Sedangkan cake yang didekor tetap bisa disimpan dengan baik. Dilansir dari The Washington Post, Senin, 20 Juni, berikut cara-caranya.

  1. Cocok dilakukan pada cake dengan kadar lemak tinggi dan padat, bukan jenis 'ringan seperti kategori chiffon cake dan angel cake. Jika harus, bekukan chiffon cake ata angel cake maksimal 1 minggu. Jika dilakukan lebih lama, maka teksturnya akan lebih mengering. 
  2. Bungkus cake dengan erat menggunakan plastik lengket ata cling wrap. Bila sulit dibungkus karena bentuknya rumit, bungkus kotaknya. 
  3. Frosting yang relatif tidak menurun kualitasnya: Cheese frosting dan buttercream. Sebaliknya, ganache, fondant, dan royal icing biasanya akan berubah warna dan rasa. Ganache misalnya, tidak akan selembut semula. 
  4. Saat penyajian, potong cake yang dibutuhkan. Bekukan kembali sisanya. Untuk yang akan dimakan, simpan di chiller hingga lunak. Sajikan segera.