4 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Timur Penggugah Selera
Rawon Rekomendasi Makanan Khas Jawa Timur (encyclopedia.jakarta-tourism.go.id)

Bagikan:

Makanan khas Jawa Timur ada banyak jenisnya. Beberapa namanya pasti tak asing di telinga masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di Pulau Jawa.

Makanan dari Jawa Timur memiliki ciri khas berupa rasa yang gurih dan pedas. Kalau kamu sedang berlibur di tempat wisata Jawa Timur, jangan lupa sempatkan diri untuk mencicipinya! Bagi yang penasaran, berikut adalah beberapa rekomendasi makanan khas Jatim untuk dicoba.

Beberapa jenis makanan khas Jawa Timur penggugah selera

1.      Rujak Cingur

Komposisi kuliner khas Kota Surabaya adalah berbagai jenis sayuran dan buah, misalnya taoge, kangkung, kacang panjang, nanas, dan kedondong. Berbagai bahan itu dipadukan dengan tempe, tahu, dan lontong, serta cingur atau hidung sapi.

Setelah itu, campuran bahan-bahan tadi dilengkapi dengan bumbu yang membuatnya semakin lezat yaitu bumbu kacang dan petis.

2.      Pecel

Makanan ini sangat populer di Madiun. Di daerah lain juga ada, tapi kadang isiannya berbeda-beda. Secara umum, pecel terdiri dari berbagai jenis sayuran, seperti kacang panjang, tauge, mentimun, dan daun singkong.

Campuran bahan-bahan itu kemudian dipadukan dengan bumbu kacang. Biasanya ada lauk pelengkap berupa rempeyek kacang yang gurih atau kerupuk puli.

3.      Rawon

Ini adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang paling terkenal. Usianya pun sudah sangat tua karena sudah ada sejak Kerajaan Mataram. Ciri khas dari makanan ini adalah kuah yang berwarna hitam pekat, asalnya adalah kluwek.

Bahan pokok dari makanan ini adalah daging sapi. Daging tersebut direbus dalam kuah dalam waktu yang lama sampai empuk. Makanan itu disajikan bersama telur asin, taoge, dan kerupuk udang.

4.      Sego tempong

Sego tempong berasal dari Banyuwangi. Tempong adalah bahasa Osing, artinya ‘tampar’. Nama ini didapat karena sambal yang digunakan pedasnya seperti ditampar.

Makanan khas Jawa Timur ini berisi sayuran rebus, seperti kubis, bayam, kenikir kmeudian dilengkapi dengan lauk dan sambal. Beberapa jenis sambal yang digunakan dalam nasi tempong adalah sambal kacang dengan aroma kencur dan sambal terasi pedas.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!