Walkot Eri Cahyadi Temukan Penyebab Surabaya Banjir saat Hujan Deras, Apa Saja?
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi temukan penyebab banjir di Surabaua (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Di musim penghujan seperti sekarang, beberapa kawasan Surabaya, Jawa Timur kerap digenangi banjir. Wali Kota Eri Cahyadi sendiri menemukan beberapa faktor penyebab Surabaya banjir saat hujan deras. Penemuan tersebut ditemukan saat Eri melakukan pengecekan saluran di Lebak Permai III, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

"Nanti pavingnya kita bongkar dulu biar tidak ambles jalannya. Insya Allah nanti tidak tergenang air," kata Wali Kota Eri Cahyadi Antara, Senin, 15 November.

BACA JUGA:


Penyebab Surabaya banjir saat hujan deras

Berdasarkan temuan Wali Kota Eri Cahyadi, ada beberapa masalah yang menyebabkan kawasan tersebut banjir kala hujan. Beberapa masalah yakni saluran yang menyempit dan adanya sampah yang menyumbat sehingga membuat air mengalir tidak lancar.

Setelah di Gang Lebak Permai III, Eri Cahyadi bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Pematusan (DPUBMP) Surabaya Erna Purnawati, RT/RW, Kelurahan, Camat, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) setempat, berboncengan menuju Jalan Setro Gang V dan Gang II, Kelurahan Gading.

Di dua gang tersebut, Wali Kota Eri Cahyadi menemukan beberapa masalah saluran yang hampir mirip, di antaranya ada saluran yang mampet, terhalang tumbuhan liar hingga saluran air menyempit.

Eri Cahyadi Ajak Masyarakat Gotong Royong

Setelah ditemukan masalah itu, Wali Kota Surabaya mengajak DPUBMP serta warga untuk saling bergotong royong mengatasi hal tersebut dengan cara kerja bakti.

"Ayo, lungguh (duduk) bersama, RT/RW, LMPK, Pak Lurah, Pak Camat itu nanti tanamannya dicabut biar tidak terlalu kumuh. Selain kelihatan kumuh, itu (saluran) kalau tersumbat kan bisa ketahuan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPUBMP Surabaya Erna Purnawati mengatakan, pengecekan saluran ini berawal dari adanya laporan warga setempat. Ketika hujan, air tidak kunjung surut dan menggenangi jalan kampung.

Penyebabnya, saluran air kecil dan tertutup pondasi gapura sehingga air tidak bisa mengalir ke saluran air Kenjeran.

"Nah masalah yang ke dua, itu saluran airnya kecil dan tidak tersambung satu sama lain. Seperti tadi yang ada di Blauran dan Kedungdoro, itu juga ada genangan semalam. Waktu paginya dibuka, ternyata saluran air di situ (Blauran dan Kedungdoro) banyak lemak berasal dari rumah makan," kata Erna.

Solusi Banjir

Untuk menindak lanjuti hal itu, Erna menjelaskan, saluran air di Lebak Permai III, Jalan Setro Gang V dan Jalan Setro Gang II akan dibuatkan koneksi untuk menuju ke arah Jembatan Suramadu.

"Jadi saluran yang ke arah Suramadu itu relatif kosong, itu kita buatkan koneksi ke sana supaya bebannya tidak di saluran air Kenjeran semua. Tadi warga juga kami minta bongkar gapuranya, supaya saluran airnya lancar," katanya.