Tengkok Pengungsi Erupsi Semeru, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Siap Bantu Relokasi Rumah Warga
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi prajurit TNI AD dan lokasi pengungsian warga yang menjadi korban dampak letusan Gunung Semeru/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

LUMAJANG - Warga yang jadi korban erupsi Gunung Semeru mendapat perhatian dari sejumlah petinggi negara, salah satunya adalah Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Kunjungan Jenderal Dudung Abdurachman

Dalam kunjungannya, KSAD didampingi oleh Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Rahma Dudung Abdurachman meninjau lokasi pengungsian di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin, 13 Desember.

KSAD dan rombongan melakukan peninjauan dengan menaiki Heli TNI AD jenis Bell-412 dari Bandara Juanda, Surabaya menuju Stadion Pasirian Lumajang. Ia dan rombongan disambut oleh Dansatgas Tanggap Darurat Bencana Awan Panas dan Guguran (APG) Gunung Semeru Kolonel Inf Irwan Subekti yang juga Danrem 083/Baladhika Jaya bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan unsur Forkopimda Kabupaten Lumajang.

Kunjungan pertama KSAD meninjau Posko Utama Satgas Tanggap Darurat Bencana APG Gunung Semeru di kantor Kecamatan Pasirian didampingi oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta dan pejabat terkait lainnya.

Kemudian, dilanjutkan dengan penjelasan singkat dari Kolonel Inf Irwan Subekti tentang penanganan Tanggap Darurat Bencana APG Gunung Semeru.

KSAD Bagikan Sejumlah Bantuan

KSAD beserta rombongan menuju Posko Lapangan untuk meninjau dapur lapangan dan tempat pengungsian.

Dalam kunjungannya tersebut Jenderal Dudung dan Ny. Rahma menyerahkan bantuan paket sembako, selimut dan perlengkapan mandi sebanyak 5.000 paket serta menyumbang 4.800 paket makan siang kepada warga.

Usai melaksanakan peninjauan ke lokasi pengungsian di sekitar Posko Lapangan di Candipuro, Kasad dan rombongan mengunjungi Pos Kesehatan melihat kegiatan trauma "healing" bagi anak- anak yang diselenggarakan oleh personel Kesdam V/Brawijaya.

KSAD Mengecek Prajurit

Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, kunjungannya ke Lumajang selain memberikan bantuan kepada warga yang terdampak musibah Gunung Semeru yang lebih utama yaitu melihat prajurit TNI AD bekerja di lapangan dalam membantu masyarakat.

"Kunjungan saya ke Lumajang ini yang utama yaitu melihat prajurit saya di lapangan bagaimana membantu masyarakat apakah sudah berkolaborasi bersama Satgas yang lain dengan optimal," kata Dudung dalam siaran persnya dikutip Antara.

Kunjungan selanjutnya menuju kampung Renteng Desa Sumberwuluh yang sebagian besar tertutup oleh lahar dingin.

TNI Siap Bantu Korban Erupsi

Saat melihat kegiatan prajurit TNI Polri bersama Basarnas maupun relawan sedang melaksanakan pencarian korban di kampung tersebut, KSAD sempat melihat Tim gabungan berhasil menemukan 1 jenazah atas nama Ibu Mujiani (55).

Terkait rencana Bupati Lumajang yang akan merelokasi rumah warga di Kampung Renteng dan kampung lainnya yang terdampak cukup parah, KSAD menyampaikan kesiapan prajuritnya untuk membantu.

"Rencana Bupati Lumajang merelokasi warga yang rumahnya terdampak cukup parah, kami siap membantu personel dan material yang kami miliki dengan maksimal," tegasnya.

KSAD Serahkan Bantuan untuk Ponpes

Setelah meninjau permukiman warga di Kampung Renteng, mantan Pangkostrad itu meninjau kegiatan Yonzipur 10/Divif 2 Kostrad yang membersihkan timbunan pasir di jalan nasional menuju Gladak Perak dilanjutkan mengunjungi Posko Yonif 527/BY di SD Negeri 1 Candipuro.

KSAD memberikan bantuan paket makanan kepada 292 orang pengungsi dan memberikan bantuan kepada santri Pondok Pesantren Ulul Albab Candipuro yang secara simbolis diterima oleh pengasuh Pondok Pesantren KH. Fahrur Rozi.