Alun-Alun Kota Madiun dan Semua Tempat Keramaian Akan Ditutup saat Malam Tahun Baru 2022
Ilustrasi kondisi Kota Madiun di Malam Tahun Baru 2022 (DOK ANTARA)

Bagikan:

MADIUN - Demi mencegah penularan COVID-19, Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur berencana menutup semua tempat yang berpotensi mengundang keramaian pada malam Tahun Baru 2022.

"Malam tahun baru, Alun-Alun Kota Madiun dan semua tempat keramaian akan ditutup," kata Wali Kota Madiun Maidi dikutip Antara, Senin, 13 Desember.

Madiun Tak Adakan Acara di Malam Tahun Baru 2022

Kota Madiun sendiri masuk dalam PPKM Level 1. Meski demikian, sejumlah pembatasan tetap dilakukan untuk mengantisipasi gelombang ketiga penularan COVID-19.

Maidi juga menegaskan, meski Madiun PPKM Level 1, pesta perayaan tahun baru di wilayahnya tak diadakan. Bahkan, pihaknya melaksanakan sejumlah pembatasan, termasuk wacana tentang pemadaman lampu guna menghindari kerumunan.

Pemkot juga melakukan pengawasan di pintu masuk kota. Sejumlah pos pengawasan akan disiagakan di sejumlah titik masuk Kota Madiun, seperti di titik Tean, Jiwan, dan PG Rejo Agung Baru. Pos pengawasan juga ada di sepanjang Pahlawan Street Center sebagai lokasi jujukan wisatawan.

Wisatawan Boleh Kunjungi Madiun

Meski begitu, Wali Kota Maidi tak melarang pendatang untuk berkunjung ke Kota Madiun asalkan dapat menunjukkan hasil negatif pada tes cepat antigen ataupun PCR. Selain itu, telah melakukan vaksinasi COVID-19 minimal dosis 1 .

Jika ada pendatang yang belum melakukan vaksin, pemkot menyediakan stan khusus di Taman Sumber Wangi hingga 31 Desember 2021.

"Pendatang WNI yang belum vaksin, silakan vaksin. Ada dosis 1 dan dosis 2. Pokoknya hasil tes antigen atau PCR harus negatif," katanya.

Masyarakat Diminta Taat Prokes

Wali Kota Madiun meminta masyarakat bisa mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah serta disiplin prokes, terutama dalam hal penanggulangan penularan COVID-19.

"Semakin taat, semakin cepat kita menuju zona hijau dan perekonomian akan semakin cepat berputar dan pulih," katanya.