GOR Lembupeteng dan Taman Alun-alun Kota Tulungagung DItutup saat Malam Tahun Baru 2022
Pengumuman penutupan pusat keramaian tahun baru di Tulungagung saat malam Tahun Baru 2022 (ANTARA-HO)

Bagikan:

TULUNGAGUNG - Menjelang malam Tahun Baru 2022, Pemerintah Kabupaten Tulungagug, Jawa Timur menutup dua lokasi yang jadi pusat keramaian masyarakat. Dua lokasi tersebut yakni GOR Lembupeteng dan Taman Alun-alun Kota Tulungagung.

"GOR Lembupeteng dan taman alun-alun kota kami tutup. Akses menuju kedua lokasi ini dibatasi untuk mencegah kerumunan massa," ucap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro di Tulungagung, Antara, Rabu, 29 Desember.

Mobilitas Warga Dibatasi di Malam Tahun Baru 2022

Nantinya Dishub akan menggandeng Satuan Lalu-lintas Polres Tulungagung dengan melakukan rekayasa arus lalin untuk membatasi akses menuju alun-alun.  Akan dilakukan pula penjagaan dan penertiban mengantisipasi konvoi kendaraan maupun kerumunan massa.

"Untuk jalan raya nanti kita rekayasa dengan memberi pembatas di tengah agar kepadatan arus lalu lintas di pusat kota maupun beberapa titik ruas yang berpotensi terjadi kemacetan bisa diminimalkan,” ucapnya.

Selain itu, akses menuju ke taman alun-alun yang merupakan jantung kota Tulungagung juga akan ditutup total, sehingga masyarakat tak bisa melalui akses tersebut.

“Bisa juga nanti pada puncaknya kita tutup,” ujarnya.

Pengurangan Jumlah Kendaraan

Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Muhammad Bayu Agustyan mengatakan pihaknya fokus pada upaya pengurangan jumlah kendaraan yang memasuki wilayah pusat kota Tulungagung.

"Akan kami lakukan rekayasa lalu lintas untuk kendaraan dari Trenggalek menuju Kediri yang lewat Tulungagung, begitu juga sebaliknya,” ujarnya.

Kendaraan dari Trenggalek menuju Kediri akan dialihkan mulai Pertigaan Jeta’an di Kecamatan Kauman. Kendaraan akan diarahkan ke utara sampai Perempatan Karangrejo. Di perempatan ini pengendara dipecah 2 melewati Jembatan Jeli atau ke timur lewat Jembatan Karangrejo sampai Pertigaan Ngujang lalu menuju Utara.

Sebaliknya dari Kediri menuju Trenggalek mulai dialihkan dari Pertigaan Ngujang menuju barat sampai Perempatan Karangrejo. Lalu kendaraan diarahkan ke selatan sampai Pertigaan Jeta’an ke arah Trenggalek.