Permintaan Minyak Goreng di Jawa Timur Masih Tinggi, Khofifah Minta Distributor Benar-benar Salurkan Migor ke Pasar
Ilustrasi Minyak Goreng di Jawa Timur (Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Permintaan minyak goreng di Jawa Timur masih tinggi. Atas hal tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta agar seluruh distributor minyak goreng di wilayah setempat untuk benar-benar menyalurkan migor.

"Saya meminta kepada distributor minyak goreng di Jawa Timur agar benar-benar mendistribusikan minyak goreng ke pasar-pasar di Jatim," ucap Gubernur di Surabaya, dilansir Antara, Minggu, 27 Maret.

Kekosongan Minyak Goreng di Jawa Timur Harusnya Tak Terjadi 

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa saat ini masih ada ruang kosong antara produsen, distributor, dan konsumen. Sedangkan produksi minyak goreng curah per hari mencapai 250 ton. Jika pabrik lain melakukan hal yang sama, Khofifah menilai kekosongan tidak terjadi dan rantai pasok minyak goreng tak terputus.

Dari kunjungannya ke pabrik PT Smart Tbk Rungkut, kata Khofifah, dijelaskan bahwa produksi minyak goreng curah itu 250 ton per hari, bahkan sedang berupaya meminta izin untuk menaikkan produksinya.

"Penyebab kelangkaan minyak goreng ini harus segera dicarikan solusinya. Caranya adalah dengan sama-sama berkomitmen antara produsen dan distributor untuk dapat memenuhi permintaan pasar," katanya.

Migor yang Masih Ditahan Segera Didistribusikan

Terlebih, lanjut dia, tidak lama lagi akan masuk bulan Ramadhan dan dipastikan kebutuhan minyak goreng akan meningkat.

Mantan Menteri Sosial tersebut meminta kebijaksanaan seluruh pihak yang masih menahan pasokan minyak goreng agar segera dilepas ke pasar.

"Sebentar lagi Ramadan, tentu kebutuhan minyak ini meningkat. Ayolah kita jaga psikologis masyarakat agar masyarakat lebih tenang dan khusyuk menjalankan ibadah puasa," tutur dia.

Gubernur Jatim Turun ke Lapangan

Gubernur Khofifah telah beberapa kali turun ke lapangan untuk memastikan stok minyak goreng, termasuk memantau harga minyak goreng di pasaran.

Terakhir, pada Sabtu, 26 Maret, Khofifah mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek ketersediaan bahan pangan dan penerapan harga eceran tertinggi minyak goreng curah di Pasar Darmo Trade Center (DTC) Wonokromo Surabaya.

Migor Kemasan Segera Disalurkan

Selain itu, Gubernur bersama Kapolri dan Forkopimda Jatim juga meninjau PT Smart Tbk Rungkut Surabaya yang merupakan salah satu pabrik minyak goreng.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menunjukkan minyak goreng dalam kemasan saat akan diberangkatkan ke sejumlah wilayah di Jatim beberapa waktu lalu. ANTARA/Fiqih Arfani.

Artikel ini telah tayang dengan judul Gubernur Khofifah: Saya Minta Distributor Benar-benar Salurkan Minyak Goreng.

Selain terkait minyak goreng di Jawa Timur, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.