Vaksin Booster di Malang Digelar di Masjid, Masyarakat Bisa Ikut Setelah Salat Tarawih
Ilustrasi vaksin booster (Parang Mehta on Unsplash)

Bagikan:

MALANG - Masyarakat di Kabupaten Malang, Jawa Timur bisa mendapatkan vaksin penguat secara mudah. Pasalnya, Kepolisian Resor (Polres) Malang tengah mendorong pemberian vaksin booster di Malang yang digelar di sejumlah masjid selama Ramadan.

Pemberian Vaksin Booster di Malang

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat di Kabupaten Malang, Senin 4 April, menjelaskan bahwa vaksin penguat saat Ramadan diberikan saat malam hari. Masyarakat bisa mengikuti program tersebut usai menjalankan ibadah shalat tarawih dan dilakukan dengan sistem jemput bola.

"Pelaksanaan vaksinasi booster ini menggunakan sistem jemput bola, dengan menerjunkan personel ke masjid-masjid," ucap Ferli.

Di hari pertama Ramdan, jelas Ferli, Polres Malang menggandeng Puskesmas Karangploso yang menggelar vaksinasi di dua titik di wilayah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di Masjid Jami'Aswaja di Jalan Raya Kepuharjo dan Masjid Hidayatullah di Jalan Kagrengan, Desa Ngijo, Kabupaten Malang. Vaksinasi digelar mulai pukuk 20.00 WIB.

"Pelaksanaan vaksinasi dimulai malam hari, untuk kemarin target sasaran vaksinasi booster sebanyak 263 orang dari dua titik," ujarnya dikutip Antara.

Jenis Vaksin yang Diberikan

Jenis vaksin yang disiapkan selama untuk upaya percepatan tersebut diantaranya adalah jenis AstraZeneca, Moderna dan Johnson and Johnson. Ketentuan untuk mendapatkan vaksin penguat itu tidak berbeda dengan vaksinasi sebelumnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan pemberian vaksin penguat selama Ramadhan akan terus dilakukan secara berkelanjutan pada titik-titik lain yang tersebar di 33 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

"Ini akan dilakukan secara berkelanjutan saat Ramadhan," ujarnya.

Jumlah Sasaran Vaksinasi di Malang

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Malang yang dikutip dari laman satgascovid19.malangkab.go.id tercatat jumlah sasaran vaksinasi di wilayah tersebut sebanyak 2.078.406 jiwa. Saat ini, capaian vaksinasi secara umum berada pada kisaran 86,98 persen.

Tercatat, sebanyak 1,8 juta warga Kabupaten Malang telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama, dan 1,6 juta untuk dosis kedua. Sementara untuk dosis penguat atau booster, saat ini telah diberikan kepada 150.621 warga.

COVID-19 di Malang

Secara keseluruhan, di wilayah Kabupaten Malang ada sebanyak 25.688 kasus konfirmasi positif COVID-19 dengan menyisakan sebanyak 56 kasus aktif. Dari total kasus konfirmasi tersebut, sebanyak 24.596 orang dilaporkan sembuh, sementara 1.036 orang meninggal dunia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Polres Malang Percepat Vaksinasi Penguat saat Ramadan.

Selain terkait vaksin booster di Malang, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.