PT Semen Imasco Diminta Hentikan Rencana Peledakan di Tambang Batu Kapur, Diminta Bayar Kekurangan PAD
Bupati Jember memasang papan nama aset Pemkab Jember di Gunung Sadeng, Kecamatan Puger (Antara)

Bagikan:

JEMBER - PT Semen Imasco Asiatic diminta untuk menghentikan rencana peledakan lahan tambang batu kapur di Gunung Sadeng. Permintaan ini dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kami tidak mengizinkan PT Semen Imasco melakukan aktivitas peledakan karena masih ada hal-hal yang perlu kami bicarakan dengan pihak perusahaan tersebut," ujar Sekretaris daerah Jember Mirfano di kabupaten setempat, Kamis 7 April.

PT Semen Imasco Dilarang Lakukan Peledakan

Berdasarkan informasi, peledakan perdana akan dilakukan pada Rabu 6 April, sedangkan informasi tersebut diterimanya pada Selasa 5 April lantaran PT Semen Imasco melayangkan surat pemberitahuan itu kepada Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Puger.

"Kemarin Rabu 6 April kami menerjunkan tim verifikasi di lapangan setelah mendengar informasi peledakan tetap akan dilakukan karena Pemkab Jember sudah mengirim surat perihal penghentian aktivitas peledakan," ujarnya dikutip Antara.

Peledakan Batal Dilakukan

Berdasarkan hasil verifikasi di lapangan, katanya, didapat fakta bahwa lokasi yang akan diledakkan adalah lahan eks hak pengelolaan lahan CV DU yang sudah dicabut oleh Pemkab Jember pada Maret 2022.

"Setelah dilakukan pertemuan akhirnya peledakan perdana batal dilakukan dan disepakati pihak PT Imasco akan menunda aktivitas peledakannya," katanya.

Diminta Bayar PAD

Mirfano mengatakan Pemkab Jember masih melakukan inventarisasi dan perbaikan tata kelola terhadap aset barang milik daerah di Gunung Sadeng, termasuk hak pengelolaan lahan yang saat ini dikelola oleh PT Semen Imasco Asiatic.

"Sehubungan dengan hal itu, PT Semen Imasco tidak diizinkan untuk melakukan peledakan sebelum menyelesaikan kewajiban kekurangan pembayaran kontribusi pendapatan asli daerah (PAD) selama tahun 2019, 2020, dan 2021," ujarnya.

Belum Bisa Bayar

Sementara Humas PT Semen Imasco Asiatic Sugianto saat dikonfirmasi per telepon mengatakan pihaknya masih belum bisa memenuhi permintaan Pemkab Jember terkait pelunasan kekurangan pembayaran kontribusi PAD karena masih mempelajari perundang-undangan yang mengaturnya.

"Kami akan menunda peledakan di lahan pertambangan batu kapur sampai batas waktu yang tidak ditentukan sambil menunggu solusi dan akan bertemu dengan Sekda Jember," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pemkab Jember Minta Penggunaan Bahan peledak di Tambang Batu Kapur Dihentikan.

Selain terkait PT Semen Imasco, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.