Pemilu 2024: Presiden Pastikan Digelar 14 Februari, Anggaran Minta Dihitung Detil
Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin (DOK VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Pemilihan Umum (Pemilu) dipastikan akan digelar pada 14 Februari 2024. Kepastian Pemilu 2024 itu ditinjau oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia juga meminta agar anggaran yang dikeluarkan agar dihitung dengan detil.

"Saya minta untuk dihitung lagi lebih detail, baik APBN maupun APBD agar dapat dipersiapkan secara bertahap," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Twitternya @jokowi pada Senin, 11 April.

Anggaran Pemilu 2024 Capai Triliunan

Tidak hanya harus dihitung dengan detil, Jokowi mengatakan bahwa uang negara yang dikeluarkan untuk kegiatan pemilu legislatif, presiden, dan kepala daerah nilainya mencapai triliunan rupiah.

"Pemilu pada 14 Februari 2024 dan Pilkada serentak November 2024 diperkirakan butuh anggaran sampai Rp110,4 triliun, untuk KPU Rp76,6 triliun dan Bawaslu Rp33,8 triliun," ungkapnya.

Presiden Tegaskan Pemilu

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengeluarkan pernyataan resminya kalau pemilu serentak pemilihan presiden dan anggota legislatif tetap dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Hal ini disampaikan pada rapat terbatas mengenai penegasan penyelenggaraan Pemilu 2024 pada Minggu, 10 April kemarin.

"Yang pertama, saya minta disampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada itu sudah ditetapkan. Saya kira sudah jelas dan semua perlu tahu pemilu dilaksanakan 14 Februari 2024," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Pemilu Serentak

Pemilu serentak yang dimaksud adalah pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

"Ini perlu dijelaskan, jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah melakukan penundaan pemilu, atau spekulasi perpanjangan jabatan presiden dan yang berhubungan dengan tiga periode," tambah Presiden Jokowi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pastikan Pemilu Berlangsung pada 14 Februari 2024, Jokowi Minta Anggarannya Dihitung Detail.

Selain terkait Pemilu 2024, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.