Beredar Foto Penemuan Jenazah Eril di Sungai Aare Swiss, Benarkah? Cek Faktanya
Ridwan Kamil di Sungai Aare (Foto via KBRI Swiss)

Bagikan:

SURABAYA - Beredar di internet foto penemuan jenazah Eril di Sungai Aare Swiss. Foto tersebut termuat dalam sebuah artikel berjudul “Detik-detik Polisi Maritim Swiss Menemukan Eril Kamil Di Sungai Aare Swiss” yang diunggah di situs suara-tribun[dot]my[dot]id pada 31 Mei 2022.

Foto Penemuan Jenazah Eril

Dalam artikel termuat kolase foto yang memperlihatkan dua petugas mengevakuasi mayat di sebuah sungai. Selain itu nampak pula dua petugas berdiri disamping kereta dorong berisi jenazah yang terbungkus kain putih. Benarkah kabar tersebut?

Dari hasil penelusuran Tim Cek Fakta Tempo, adanya kolase foto dengan klaim detik-detik polisi maritim Swiss menemukan Eril di Sungai Aare adalah konten yang menyesatkan alias hoax.

Dikutip dari Turnbackhoax.id, Minggu (5/6/2022), kolase foto tersebut tidak terkait dengan jenazah Emmeril Khan Mumtadz (Eril) yang dinyatakan hilang di Sungai Aare. Foto tersebut adalah penemuan mayat di sungai Msunduzi, Afrika Selatan, pada Agustus 2014 serta penemuan mayat wanita Kenya yang tinggal di AS pada 2018.

Informasi Menyesatkan

Dilansir dari Tempo, foto yang memperlihatkan dua orang petugas mengevakuasi jenazah yang mengambang di sebuah sungai telah beredar di internet sejak 2014.

Foto yang identik pernah dimuat situs capitalnewspaper.co.za pada 12 Agustus 2014 dengan judul “Body found floating in the Msunduzi river” dengan keterangan “Sersan Fred Brand dan Warrant Officer Michael Bennett memulihkan jenazah dari sungai Msunduzi.”

Sementara itu foto lainnya yang memperlihatkan dua orang petugas berdiri disamping kereta dorong berisi jenazah yang terbungkus kain putih pernah dimuat situs kenyans.co.ke pada 25 September 2018 dengan judul, “Kenyan Woman in US Found Dead After Missing for 1 Month.”

Menurut situs tersebut, seorang wanita Kenya yang tinggal di AS ditemukan tewas setelah keluarganya melaporkan dia hilang satu bulan lalu.