Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week, Baim Wong Cuma Keluarkan Biaya Rp1,8 Juta
Konferensi pers Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM. (Foto: VOI/Mery Handayani)

Bagikan:

SURABAYA - Baim Wong menuai sorotan setelah mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas merek Citayam Fashion Week. Pendaftaran dilakukan melalui perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment pada 20 Juli 2022. Lalu, berapa biaya yang dikeluarkan Baim Wong saat mendaftarkan HAKI Citayam Fashion Week?

Biaya HAKI Citayam Fashion Week

Plt Dirjen Kekayaan Intelektual Razilu menjelaskan bahwa proses permohonan merek atas nama PT wong Entertainment saat ini ada pada tahap pemeriksaan formalitas. Nantinya akan masuk ke masa publikasi dalam beberapa hari ke depan.

Razilu mengakui bahwa untuk mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) memang ada biaya yang harus dibayarkan sebagai pendapatan negara bukan pajak (PNBP).

Biaya Baim Wong

Namun, biaya yang dikeluarkan berbeda untuk setiap golongannya.

"Dia (Baim Wong) bayar sendiri ke rekening Rp1,8 juta. Biaya umum," tuturnya dalam konferensi pers, di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Selasa, 26 Juli.

Sekadar informasi, PT Tiger Wong Entertainment milik Baim Wong dan Paula Verhoeven mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Pendaftaran HAKI

Dilihat dari Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI), Minggu, 24 Juli, pendaftaran Citayam Fashion Week dilakukan pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052181.

Citayam Fashion Week dalam permohonan masuk ke kode kelas 41 yakni jenis barang/jasa.

Berikut rincian Citayam Fashion Week yang didaftarkan PT Tiger Wong Entertainment:

"Hiburan dalam sifat peragaan busana, Layanan hiburan yaitu menyediakan podcast di bidang mode, layanan pelaporan berita di bidang fashion, Menyediakan video online yang tidak dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaaan busana dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan, pengaturan peragaan busana untuk keperluan pertunjukan, perencanaan pesta [hiburan] untuk acara promosi sehubungan dengan peragaaan busana, produksi program televisi di bidang mode untuk tujuan hiburan, publikasi majalah mode untuk tujuan hiburan